Sinergi PC Muslimat NU dengan Pemkab Rembang Cegah Penularan HIV dan AIDS

3
2119
Sinergi PC Muslimat NU dengan Pemkab Rembang Cegah Penularan HIV dan AIDS
Sinergi PC Muslimat NU dengan Pemkab Rembang Cegah Penularan HIV dan AIDS
Iklan

Rembang nujateng.com PC Muslimat NU Kabupaten Rembang bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Rembang untuk mencegah penularan penularan HIV dan AIDS, peredaran narkoba, serta pergaulan bebas.

Kolaborasi organisasi masyarakat dan pemerintah setempat mendapatkan apresiasi dari Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen 

Apresiasi kepada PC Muslimat NU Kabupaten Rembang disampaikan saat pelantikan Pengurus Ikatan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Muslimat NU (IGPAUD MNU) dan Pengurus Forum Silaturahim Hafidzah Qur’an Muslimat NU (PSHQ MNU) Rembang di Balai Kartini Rembang, Minggu (31/7/2022).

“Problematika hari ini berupa pergaulan bebas dan narkoba. Pemerintah Kabupaten Rembang merespon dengan baik masalah-masalah itu,” tuturnya.  

Pria yang akrab dipanggil Gus Yasin menyampaikan angkat penularan kasus HIV AIDS perlu mendapatkan perhatian serius pemerintah setempat. 

“Data tahun 2022 penularan kasus HIV/AIDS di Jateng belum menurun. Terdapat seribu paparan virus HIV AIDS,” jelasnya.

Peran Orang Tua dan Guru 

Merespon tingginya angka penularan, Wagub Jateng berpesan kepada anggota Muslimat NU dan para guru agar berperan dalam tindakan preventif. 

“Ibu-ibu Muslimat NU diupayakan mampu berkomunikasi dengan putra-putrinya untuk mengedukasi bahaya narkoba, HIV /AIDS, dan sebagainya,” ungkapnya. 

Gus Yasin membandingkan kondisi Rembang dahulu dan kini. 

“Dahulu mungkin di Rembang masih aman, tapi saat ini tidak. Usai ada gawai, menganggap hidup di suatu tempat menyenangkan, bisa berteman dengan siapa saja dan bebas melakukan apa saja. Akhirnya terpengaruh dan ingin mencoba kemudian keterusan (ketagihan),” jelasnya.

Paparan informasi perlu mendapat narasi edukasi dari orang terdekat. Bagi Wagub Jateng, kabar dari gawai perlu mendapatkan edukasi dan pengawasan. 

Peran Muslimat NU 

Ketua PC Muslimat NU Rembang, Ulfa Munawar memaparkan program sinergitas dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat. 

Program kesejahteraan masyarakat bekerjasama dengan  Dinas Sosial berupa aksi bakti sosial keluarga berencana di 9 puskesmas, panti asuhan, dan kegiatan sosial lainnya.

Ulfa menambahkan daftar kerjasama PC Muslimat NU dengan Dinas Koperasi dan UMKM , Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Kementerian Agama, Dinas Pendidikan, dan Dinas Kesehatan 

“Dalam sudah dua tahun ini kami memiliki tenaga kerja mandiri Muslimat NU di bidang menjahit dan memiliki balai latihan kerja program kuliner dan keterampilan lainnya,” katanya. (SRC: BP/Red:002)