Lembaga Falakiyah NU Jepara Rumuskan Master Almanak 2023

0
7653
Lembaga Falakiyah NU Jepara Rumuskan Master Almanak 2023
Foto saat penyusunan master almanak kalender 2023. sumber: nujepara.or.id
Iklan

Jepara, nujateng.com – Lembaga Falakiyah (LF) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Jepara merumuskan master almanac untuk kalender 2023 Jumat, (19/8/2022).

Mengutip tulisan yang dimuat di nujepara.or.id, pembuatan master kalender 2023 tersebut dimaksudkan untuk memberikan rujukan bagi warga NU Jepara dan sekitarnya untuk masalah waktu salat, dan peristiwa penting yang ada di tahun 2023.

Master almanac tersebut disusun oleh ketua LF NU Jepara, Hudi bersama dengan para penasehat, Pembina LF NU salah satunya yakni, Kiai Zamazi Pecangaan Wetan. Dalam menentukan master almanak tersebut markaz atau titik tempat menggunakan Gedung PC NU Jepara.

Ketua LF NU Jepara, Hudi menjelaskan jika dalam master tersebut dilengkap dengan peristiwa penting seperti gerhana matahari, gerhana bulan yang akan terjadi pada 2023.

“Selain itu juga ada tanggal peringatan penting seperti harlah semua banom atau lembaga NU di Jepara. Serta dilengkap dengan jawal akru salat untuk wilayah Kabupaten Jepara,” tutur Hudi.

Menurut Hudi, keterangan terkait dengan fenomena seperti gerhana itu dimaksudkan agar ketika terjadi gerhana masyarakat tetap melakukan ibadah sunnah seperti salat gerhana.

“Harapannya ini nanti bisa dijadikan rujukan untuk semua banom ataupun Majelis Wakil Cabang (MWC NU). Terlebih jika mereka ingin mencetak kalender 2023 untuk digunakan,” ungkapnya.

(SRC: nujepara.or.id/ed. Sidik Pramono)