Maknai Idul Fitri, Ansor Karangjompo Pekalongan Sowan ke Para Kiai dan Tokoh Masyarakat

0
1208
Maknai Idul Fitri, Ansor Karangjompo Pekalongan Sowan ke Para Kiai dan Tokoh Masyarakat
Iklan

Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda Ansor Desa Karangjompo, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan menggelar kegiatan silaturahim keliling ke para tokoh agama dan tokoh masyarakat selama tiga hari, Selasa,Rabu dan Ahad (3,4,8/5/2022).

Ketua PR GP Ansor Karangjompo Faliqul Isbah, M.Pd kepada NU Jateng, Ahad (8/5) menyampaikan, tujuan kegiatan sowan ke para tokoh agama dan masyarakat ini dimaksudkan untuk menjalin silaturahmi dan meminta wejangan serta doa dari para kiai.

“Terdapat sembilan tokoh agama atau tokoh masyarakat di desa kami yang kita kunjungi dengan memberikan bingkisan,”ucapnya.

Disampaikan, sembilan tokoh tersebut adalah Kepala Desa Sumari,S.Ag, Drs KH Rosikhin, Dr.KH Miftakhul Ula, M.Ag, Kiai Syamsul Ulum,S.Ag, Dr.KH Khoirul Basyar, M.Si, Kiai Zarqoni Abdul Nasir, KH Rohmat Jauhari Makhtum, Ustadz Fahrodin,M.H.I dan KH Mahmud Masyhudi.

Sementara itu, sekretaris PR GP Ansor Karangjompo Siswadin, S.Pd mengatakan, kegiatan silaturahim ke tokoh agama dan tokoh masyarakat di bulan Syawal ini diadakan oleh GP Ansor dan Banser Desa Karangjompo setelah sebelumnya di bulan Ramadhan melakukan berbagai rangkaian kegiatan

Sumber foto: pribadi

“Bulan lalu kami melaksanakan kegiatan khataman Al-Qur’an, rutinan rijalul Ansor, pengadaan beras zakat fitrah, pengadaan buku Yasin dan dingklik untuk makam serta berbagi takjil bersama Banom NU yang lain,” ucapnya.

Dalam mauidhah khasanahnya, Rais Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Desa Karangjompo, Kiai Zarqoni Abdul Nasir menyampaikan, momentum hari raya idul fitri merupakan waktu yang tepat saling maaf-maafan. Sebab, menurutnya, manusia adalah tempatnya salah dan dosa. Entah dosa kepada gusti Allah atau kepada sesama manusia itu sendiri.

“Jadi tugas manusia adalah memaafkan kesalahan orang lain. Orang yang mau memaafkan kesalahan orang lain termasuk salah satu ciri orang bertakwa, karena orang yang bertakwa senantiasa menjaga hubungan baik terhadap sesama manusia,” ucap Kiai Zarqoni saat memberikan wejangan pada kegiatan Silaturahim GP Ansor Karangjompo, Rabu (4/5).

Kiai Zarqoni melanjutkan, ciri-ciri orang yang muttaqin (bertakwa) itu telah dijelaskan dalam Al-Qur’an salah satunya dalam surat Ali Imran ayat 133 – 136. “Tanda-tanda orang muttaqin itu diantaranya adalah ia yang mau menafkahkan sebagian harta, menahan amarah, memberi maaf, mengerjakan kebaikan, dan mohon ampun atas kesalahan,” jelasnya.

Kontributor: Khairul Anwar