PK IPNU IPPNU MA NU 1 Cilongok Banyumas Gelar ABR ke-VII

0
3344
PK IPNU IPPNU MA NU 1 Cilongok Gelar ABR ke-VII
foto bersama saat pembukaan ARB ke-VII. sumber: istimewa
Iklan

Banyumas, nujateng.com – Bulan Ramadhan 1443 H dimanfaatkan Pimpinan Komisariat (PR) IPNU IPPNU MA Ma’ arif NU 1 Cilongok dengan menggelar ABR VII (Amaliyah Bakti Ramadhan) yang ketujuh di Desa kalisari Kecamatan Cilongok pada 16-21 April 2022.

Ketua PK IPNU MA MA’ARIF NU 1 CILONGOK dalam sambutannya menyampaikan Amaliyah bakti ramadhan merupakan program tahunan yang dijalankan oleh PK IPNU IPPNU MA MA’ARIF NU 1 CILONGOK dan di tahun 2022 ini merupakan putaran ke 7. Kegiatan ABR bertujuan untuk mencari ilmu di tengah-tengah masyarakat dan mengamalkan lmu yang sudah didapat, disini prinsipnya kami belajar bermasyarakat (red; tidak menggurui). Kegiatan ABR VII ini diikuti 15 pelajar putra dan 25 pelajar putri selama lima hari di kawasan sentra Tahu Desa kalisari.

“Sebelumnya, kami sudah merapatkan program kegiatan di tingkat pengurus dan pembina, ada beberapa alternatif untuk tempat pelaksanaan. Setelah berkoordinsi dengan ebrbagai pihak justru tokoh masyarakat desa kalisari meminta menjadi tempat kegiatan ABR,” tuturnya.

Adapaun kegiatan ABR yakni mengundang para anak-anak untuk mengaji, membersihkan mushola dan masjid, tadarus alqur’an, membagi bantun paket sembako untuk orang yang  berhak, pelatihan kewirausahaan, mengisi kultum, plangisasi madin dan berebagai kegiatan insidental lain atas saran tokoh dan warga masyarakat Desa kalisari.

Pembina IPPNU MA Ma’arif NU 1 Cilongok, Siti Juariyah yang sekaligus menjadi sekretaris PC Fatayat NU Banyumas berpesan agar seluruh peserta tetap menjaga protokol kesehatan.

“Selain itu, untuk para peserta ABR ini adalah kesempatan yang bisa dimanfaatkan guna menimba ilmu sebanyak-banyaknya. Yang paling penting adalah tetap rendah diri dan menjaga sopan santun kepada seluruh warga masyarakat Desa kalisari,” pesan Siti.

Kegiatan ABR sudah berjalan rutin dengan bekerjasama berbagai Desa di Kabupaten Banyumas. Meski pandemi, alhamdulillah untuk tahun lalu kegiatan ABR ini masih kami laksanakan walaupun dengan prokes ketat dan juga waktu yang lebih sedikit.

Kegiatan ABR merupakan kegiatan  pengabdian dan pengamalan ilmu Kepada masyarakat dari siswa siswi MA Ma’arif NU 1 Cilongok, “Teori tanpa praktek itu pelamun dan Praktek tanpa teori, itu gila”, ujar Iju.

Harapannya dengan diadakan kegiatan Amaliyah Bakti Ramadhan ke-VII ini semoga dapat menjadi bekal bagi siswa siswi Ma Ma’arif Nu Cilongok sebelum terjun langsung di masyarakat setelah lulus nanti. (Kontributor: Yanuareza/ed: Dsk)