Tak Dipenuhi Haknya, MWC NU Mlonggo Berikan Bantuan Empat ABK Terlantar

0
1191
Tak Dipenuhi Haknya, MWC NU Mlonggo Berikan Bantuan Empat ABK Terlantar
Tak Dipenuhi Haknya, MWC NU Mlonggo Berikan Bantuan Empat ABK Terlantar. Sumber foto: Radar Kudus
Iklan

Jepara nujateng.com Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Mlonggo Jepara berikan bantuan kepada empat anak buah kapal (ABK) di gedung MWC NU Mlonggo Selasa (28/12) lalu.

Kronologinya saat Sekretaris MWC NU Mlongo, Ahmad Sanusi menanyakan mereka ketika minta izin ikut berteduh.

“Saya mempersiahkan dan tidak menanyakan lebih lanjut latar belakang empat orang tersebut,’ tuturnya.

Usai duduk, salah seorang dari mereka bercerita sebelum memutuskan bersinggah di MWC NU Mlongo.

“Saya jalan kaki dari Banyu Towo sampai Dukuh Sekti, Tayu, Pati. Kemudian menumpang truk ke arah Donorojo. Dilanjutkan menumpang truk muatan batu bata hingga traffic light Mlonggo,” ungkapnya. .

Keempat ABK tersebt bekerja kapal ikan. Naas, setelah dua bulan bekerja tanpa dibayar. Alasan tak dibayarnya mereka karena perolehan ikan dianggap tidak memenuhi target.

Alasan itu membuat keempatnya nekat melarikan diri dengan cara melompat ke laut dekat Pantai Banyu Urip, Dukuh Sekti, Pati. Tanpa membawa identitas maupun bekal. Sempat terapung-apung di laut selama sejam dan dibantu nelayan untuk dibawa ke Pantai Banyu Towo.

Tanpa segan pihak MWC memberikan Bantuan berupa uang saku, tas punggung, tiket bus, hingga akomodasi makan dan minum untuk keberlanjutan ABK

Katib Syuriah MWC NU Mlongo, KH. Ulil Albab menanggapi peristiwa ini merupakan alarm kepada pemerintah agar memberi sanksi pada perusahaan yang tidak memenuhi hak pekerja.

”Semoga ini jadi pelajaran. Jangan sampai masuk ke perusahaan atau pabrik yang tidak jelas. Pemerintah juga sepatutnya mengawasi dan memberikan sanksi perusahaan-perusahaan yang nakal,” terang Katib Syuriah MWC Mlonggo Ulil Albab

Bantuan itu diberikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara Fraksi Partai Demorkasi Indonesia (PDI) Perjuangan Edy Arianto, Wakil Ketua MWC NU Tukminun, dan Katib Syuriah MWC NU Ulil Albab. Selain mereka, bantuan juga diberikan oleh LP Ma’arif NU, BMT NU dan Kelompok Kerja MI Mlonggo. Serta dari masyarakat NU lainnya. (SRC: Radar Kudus)