Inspirasi Habib Luthfi Menciptakan Kidung Wali Sembilan

0
1379
Inspirasi Habib Luthfi Menciptakan Kidung Wali Sembilan
Maulana Habib Luthfi bin Yahya dalam acara konser amala muktamar. sumber: TVNU
Iklan

Jakarta, nujateng.com – Rais Jam’iyyah Ahli Thariqah al-Mu’tabarah An-Nahdliyah (JATMAN) Maulana Habib Luthfi bin Yahya menerangkan inspirasi saat menciptakan Kidung Wali Sembilan pada acara konser amal Muktamar Senin, (13/12/2021).

Ketua Forum Sufi Dunia tersebut tampil dalam acara konser amal berkolaborasi dengan komponis terkenal, Addie M.S, Seroja, serta Summa Budaya. Di sela-sela penampilan, Habib Lutfi menerangkan tentang inspirasi untuk menciptakan Kidung Wali Sembilan.

“Kidung (Wali Sembilan) ini terinspirasi dari cerita peradaban Majapahit yang ada di Trowulan dan juga jalan dakwah yang dilakukan oleh Syekh Jumadil Kubro,” tutur Habib Luthfi di acara yang berlangsung di Balai Sarbini.

Menurut Habib Luthfi, kekaguman beliau pada kejayaan Syekh Jumadil Kubro yang bisa melahirkan generasi emas dakwah Islam di Nusantara tersebutlah yang menjadi sebab terciptanya Kidung Wali Sembilan.

“Diri saya kembali mengenang Wali Sembilan dan berdirinya Keraton Demak Bintoro. Dari Trowulan dibangun oleh Hayam Wuruk bersama Gadjah Mada. Lalu awal berdirinya padepokan (pesantren: red) yang dipandegani Syekh Jumadil Kubro.

Saya begitu kagum dengan regenerasi beliau dimana muridnya menjadi bintang-bintang luar biasa, khususnya di Tanah Jawa. Itu yang menginspirasi saya,” papar pendiri Majelis Kanzus Sholawat.

Bagi Habib Lutfi, menciptakan kidung tidak jarang yang tiba-tiba muncul inspirasi. Di samping itu, juga tidak jarang muncul dari tembang-tembang jawa atau kisah para wali yang membangun bangsa dan negara.

“Saya sangat suka dengan tembang-tembang jawa yang bahasanya penuh dengan nilai pendidikan serta makna,” ungkap Habib Luthfi.

Habib Lutfi memeriahkan acra tersebut dengan membawakan tiga karya yakni Salawat Badar, Syair Padang Bulan, dan Kidung Wali Sembilan.[SRC: suaranahdliyin.com/ed. 051]