Alumni Tebuireng Jombang Kenalkan Aplikasi PDS Kepada Muktamirin

1
1848
ilustrasi. sumber: JPNN.com
Iklan

Lampung, nujateng.com – Ikatan Keluarga Alumni Pesantren Tebuireng Jombang (IKAPETE) mengenalkan aplikasi terbaru untuk mempermudah sistem administrasi pesantren. Aplikasi tersebut adalah PSD (Pesantren Smart Digital) (23/12/2021).

Faisal salah satu staf program aplikasi tersebut mengatakan dibuatnya aplikasi ini untuk mempermudah para pengurus pondok pesantren agar tertib administrasi.

“Aplikasi ini baik digunakan untuk pengurus pondok karena memudahkan, ” ucapnya.

Ia melanjutkan, PSD ini adalah aplikasi sistem menagemen digital pesantren terintegrasi untuk memudahkan kerja administrasi secara digital sehingga akan terbilang mudah, transparan, modern dan akuntable.

Menurutnya hadirnya PSD adalah bentuk kepedulian para santri untuk kemajuan pondok pesantren di masa mendatang. Aplikasi ini dibuat dengan riset yang panjang dan tentunya dengan izin para kiai sehingga menjadi problem solving dari berbagai permasalahan klasik di sekitar pesantren.

“Aplikasi ini dibuat dengan riset yang panjang, dan ridho kiai tentunya,” imbuhnya

Selain itu, Faisal menceritakan proses yang riset terbuatnya program aplikasi ini adalah. Membuat penelitian ke beberapa pondok pesantren di Indonesia dan menemukan berbagai kendala. Misalnya proses transaksi dan pencatatan laporan keuangan serta pembayaran yang manual, proses peresensi guru dan santri yang masih manual juga.

Oleh karena itu adanya aplikasi PSD (pesantren smart digital ini diharapkan dapat membantu proses perkembangan pesantren dimasa mendatang.[Rep: Abdullah Faiz/ed. Sidik]