Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Lazisnu Jawa Tengah Gelar Pelatihan Ambulans

0
531
PW NU-CARE LAZISNU JAWA TENGAH
Kredit foto: PW NU-CARE LAZISNU JAWA TENGAH
Iklan

Kudus, nujateng.com– Pengurus Wilayah NU-CARE LAZISNU Jawa Tengah mengadakan pelatihan Driving Course Divisi Ambulans dihadiri 88 pengemudi se Jawa Tengah dimulai pada 4-5 April . Pembukaan acara yang berlangsung selama 2 hari yaitu dari tanggal 4-5 April 2021 oleh oleh Ketua PW NU-Care Lazisnu H. Mahsun, SIP, Rektor IAIN Kudus H. Mundakir, Pengurus Wilayah NU Jawa Tengah KH. Mahdzur Labib, dan Pengurus Pusat NU-Care Lazisnu Aniq Rifqoh di Aula Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, Sabtu (3/4/2021).

Dalam sambutannya, Ketua PW NU-Care Lazisnu Jawa Tengah H. Mahsun SIP memaparkan capaian zakat di Jawa Tengah yang tinggi berdampak pada meningkatnya layanan terhadap masyarakat. Ambulans menjadi salah satu layanan kesehatan yang bisa dirasakan oleh warga nahdliyin dan non-nahdliyin. Hal ini merupakan bentuk pengayoman organisasi terhadap umatn berupa layanan sosial.

“Terdapat 200 ambulas dari wilayah hingga ranting membuktikan bahwa NU-Care Lazisnu di Jawa Tengah sudah mandiri. Selanjutnya, kita perlu memperbanyak penerima manfaat, utamanya layanan kesehatan agar merata diseluruh cabang, wakil cabang hingga ranting.

Pelatihan Driver Divisi Ambulance ini diikuti 30 orang peserta, terdiri dari staf sopir ambulans, dengan mendatangkan 3 orang trainer yakni Kanit Dikyasa Lantas Polres Kudus Ipda Ngatno, Dinas Kesehatan Jawa Tengah Sadono Wiwoho, M.Kes (Epid), dan Palang Merah Indonesia  Jawa Tengah Toriqul Mufid .

Dalam paparan materinya, Ipda Ngatno yang mengatakan, factor manusia terutama pengemudi menjadi faktor yang sangat menentukan dalah hal keselamatan transportasi.

“Pengetahuan pengemudi ambulans yang cukup tentang alat transportasi yang digunakannya termasuk harus memiliki izin mengemudi. Pengemudi ambulans tidak hanya cakap di jalan raya. Memiliki pola pikir patient safety atau utamakan keselamatan diri dan pasien yang dibawanya sampai tujuan”, ujar .

Melalui pelatihan Driving Coure Divisi Ambulance NU-Care Lazisnu ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan para pengemudi ambulance, tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi bagi institusi tempatnya bekerja karena pada saat di jalan raya, pengemudi ambulance selain membawa pasien dan petugas medis, juga membawa nama NU-Care Lazisnu baik ranting maupun cabang. (Rais-012)