PC IPNU-IPPNU Kudus Luncurkan Buku Petunjuk Kaderisasi

0
384
PC IPNU-IPPNU Kudus Luncurkan Buku Petunjuk Kaderisasi
sumber : Suara Nahdliyin

Kudus, nujateng.com – Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) bersama dengan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Kudus meluncurkan buku petunjuk kaderisasi dalam acara diskusi kaderisasi yang dilaksanakan di Kantor PCNU Kabupaten Kudus Senin, (14/9/2020).

Menurut Wakil Ketua Kaderisasi PC IPPNU Kudus, Ade Ayu Tiara menjelaskan, buku petunjuk kaderisasi tersebut berisikan tentang petunjuk dan kumpulan materi dalam jenjang pengkaderan formal Masa Kesetiaan Anggota (Makesta).

“Buku petunjuk kaderisasi ini memiliki peran penting dan sangat dibutuhkan dalam perjuangan melakukan kaderisasi guna dijadikan acuan pendidikan serta pelatihan kaderisasi di dalam IPNU-IPPNU,” jelasnya.

Menurutnya, Makesta yang merupakan pendidikan dasar bagi kaderisasi di IPNU-IPPNU sejak dahulu hingga sekarang, materi yang dimuat didalamnya tetap sama dan belum diperbaharui untuk mengikuti kondisi dan situasi saat ini.

Dalam penjelasan Ade Ayu, latar belakang dilakukannya penyusunan buku petunjuk kaderisasi ini adalah ditemukannya ketidaksesuaian materi dengan kondisi pelajar pada saat ini yang ditemukan oleh PC IPNU-IPPNU pada awal periode kepengurusan.

“Dari situlah, kami berangkat untuk menginisisasi dan melakukan pembukuan sistem kaderisasi dengan membuat buku materi dan petunjuk pelaksanaan (juklak) pelaksanaan kaderisasi,” jtambahnya.

Merunut dari penjelasan Wakil Ketua Kaderisasi PC IPNU Kudus, Muhammad Azizun Nafri menuturkan, proses penyusunan hingga peluncuran buku juklak ini memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Dalam penyusunan buku tersebut, Tim Kaderisasi PC IPNU-IPPNU Kudus turut melibatkan Ketua Tanfidziyah PCNU Kudus, KH. Asyrofu Masyitho, Kiai Muda di Kudus serta Alumni PC IPNU-IPPNU sesuai dengan bidang masing-masing.

“Hadirnya buku ini diharapkan mampu menciptakan acuan yang jelas dalam proses pelaksanaan makesta di semua tingkatan selaras dengan kurikulum pembelajaran. Selain itu, dapat menghasilkan output yang tidak berbeda,” paparnya.

Acara yang dihadiri oleh wakil ketua dan wakil sekretaris bidang kaderisasi Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU se-Kabupaten Kudus tersebut melakukan peluncuran buku petunjuk kaderisasi dengan seremonial penyerahan buku secara simbolis oleh Ketua PC IPNU Kudus, M. ChasanFauzi dan Ketua PC IPPNU Kudus, Arin Annisatus Sayyidah kepada perwakilan peserta diskusi yang hadir.

Usai melakakukan peluncuran, acara dilanjutkan dengan diskusi kaderisasi dan kebijakan kaderisasi di saat new normal. Dalam diskusi tersebut, peserta aktif dengan saling bertukar pandangan yang kaitanya dengan hambatan serta kendala dan melakukan pemecahan bersama dengan mengharap solusi dan penanganan yang baik. [SRC: SN/Ed:011]