PAC IPNU-IPPNU Juwana Gelar Latihan Gamelan

0
329
PAC IPNU-IPPNU Juwana
PAC IPNU-IPPNU Juwana

Pati, nujateng.com – Pengurus Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Juwana, Pati menggelar pelatihan gamelan pada Minggu, (30/8/2020).  Acara tersebut dimulai pada pukul 13.00 WIB.

Menurut Wakil Ketua PAC IPNU Juwana, Sutiono menjelaskan, pelatihan gamelan tersebut merupakan kegiatan yang diadakan untuk pertama kali. Dalam penuturannya, kegiatan pelatihan gamelan dapat menjadi wahana penyalur kejenuhan pada saat pembelajaran jarak jauh.

“Menurut saya, acara ini dapat menjadi wahana pengisi kejenuhan yang diakibatkan pembelajaran jarak jauh. Setelah sekian lama belajar di rumah. Acara ini merupakan pertama kali kami adakan, “ tuturnya.

Bagi Sutiono, pandemi yang sudah hampir satu semester ini menyebabkan pelajar NU yang ada di Juwana berkeinginan untuk mengembangkan potensi dalam hal kesenian dan pelestarian budaya lokal dengan cara belajar menabuh gamelan. Pelatihan tersebut merupakan program dari Departemen Olahraga dan Seni Budaya PAC IPNU-IPPNU Juwana.

Dalam penyelenggaraan latihan gamelan tersebut, peseta tetap mematuhi protokol yang ditetapkan oleh pemerintah serta tetap menerapkan physical distancing. Selain itu, acara tersebut telah mendapat izin dan persetujuan langsung dari Kepala Desa Bakaran Kulon, Didik Utomo.

“Kami berharap, Pelajar NU yang notabene menjadi generasi penerus tidak serta merta lupa dengan kebudayaan yang kita miliki. Terlebih lagi, sebagai Pelajar NU kita harus terus menguri-uri dan tahu tentang karawitan yang merupakan warisan dari Kanjeng Sunan Bonang. Dan semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat menarik minat serta bakat seluruh pelajar khususnya di Juwana umumnya di Jawa untuk terus melestarikan budaya yang ada,” tutur Sutiono.

Menurut salah satu peserta yang mengikuti acara tersebut, Yanuar, hal tersebut merupakan sebuah pengalaman baru dan memberikan kesan tersendiriutamanya dalam menambah pengalaman baru dalam hidup.

“Ini baru pertama kali. Selaku generasi muda, apalagi pelajar NU siapa lagi yang mau melestarikan budaya jawa kalau bukan kita?” jelasnya. Dalam latihan tersebut, para peserta memainkan lagu ‘Suwe Ora Jamu’ dan berakhir pada pukul 16.08 WIB. [SRC: Pelajar Pati/Ed:011]