Menyongsong Perkembangan Teknologi Lewat Ngaji Media

0
327
Cybercrock
kredit ilustrasi : Cybercrock

Oleh : Zaini Af’ali (Warga Nahdliyyin di Kabupaten Temanggung)

nujateng.com Gelombang perkembangan teknologi berjalan begitu cepat, sehingga  kebiasaan lama akan  diubah dengan kebiasaan baru, peran teknologi canggih sangat berpengaruh dalam kehidupan bermasyarakat baik dalam bidang ekonomi, industri maupun sosial. Peran manusia akan terbantu oleh kecanggihan teknologi, Maka umat manusia di dunia termasuk Indonesia harus mampu menyesuaikan diri (adaptasi) terhadap perkembangan teknologi tersebut.

Nahdlatul Ulama merupakan salah satu ormas terbesar di Indonesia yang memiliki banyak anggota yang berafiliasi dengan NU, baik secara struktural maupun kultural, harus mampu mengikuti perkembangan zaman. Dikalangan NU sendiri, baik  muda maupun dewasa perlu adanya ngaji media bagi anggota untuk menyongsong era kemajuan teknologi ini, supaya bisa memanfaatkan kemajuan tersebut dalam sendi-sendi kehidupan perlu adanya pelatihan-pelatihan seperti: 

a. Jurnalistik

Jurnalistik adalah sebuah proses kegiatan dalam mengolah, menulis dan menyebarluaskan berita dan atau opini melalui media massa. (Asep Syamsul M Romli, Jurnalistik Dakwah:2003). Pelatihan tulis menulis penting dilakukan untuk kalangan Nahdliyyin supaya mampu bagaimana menulis yang baik kemudian diupload ke media sosial untuk mewarnai konten-konten yang bertema keislaman, aswaja dan kebangsaan, untuk mencegah kaum milineal dari paham-paham radikal.

b. Fotografi

Kalangan milineal saat ini, sangat gandrung dan bukan barang baru  terhadap dunia fotografi, fotografi adalah proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka terhadap cahaya. (Liputan6.com:2019)  Untuk mengetahui bagaimana cara mengambil foto yang baik, maka perlu dilaksanakan pelatihan fotografi,  kemudian hasil foto diunggah ke medsos. Foto bisa sebagai pemanis terhadap tulisan, sehingga dapat menarik para pembaca.

c. Video

Video merupakan salah satu audio visual yang menggambar suatu objek yang bergerak bersama dengan suara.  NU perlu melakukan pelatihan pengolahan video, sehingga bisa menghasilkan video yang bagus dan menarik dan dapat mengundang banyak orang untuk menontonnya. 

Beberapa penelitian yang pernah dilakukan, pengguna media sosial atau internet mengalami peningkatan. Maka NU, bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi tersebut untuk dijadikan sebagai media dakwah dan pendidikan dalam menyebarkan nilai-nilai keislaman, kebangsaan dan kebhinekaan. Karena dengan ini, konten-kontennya yang ada di media internet akan mudah diakses oleh masyarakat luas. Dan jangan meninggalkan tradisi-tradisi NU yang sudah mengakar warga Nahdliyyin. [Ed: 011]