Adab dan Do’a Berhubungan Seksual

0
549
Adab dan Do’a Berhubungan Seksual
kredit: Liputan6.com

nujateng.com Berhubungan intim merupakan kebutuhan manusiawi bagi pasangan suami istri yang sudah halal (sudah menikah) hampir semua orang menganggap hal tersebut dengan surga dunia. Setiap geraknya dalam ikatan pernikahan adalah ibadah tidak menutup kemungkinan aktifitas tersebut juga ibadah.

Tapi jangan lupa Islam menganjurkan agar berdo’a terlebih dahulu sebelum berhubungan agar menjadi berkah. Berdo’a disini meminta kepada Allah swt agar tidak dicampuri dengan gangguan Setan. Selain itu adab sebelum berhubungan intim dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah dua raka’at setelah itu suami dan istri disunnahkan untuk saling merayu dan memanjakan satu sama lain. Hal ini sesuai dengan keterangan para ulama, istilah dalam kitab Qurrotul Uyunya adalah Muqoddimatul Mubasyaroh.

Dalam beberapa keterangan para ulama membagi do’a berhubungan intim menjadi tiga bagian. Pertama do’a sebelum melakukan, do’a ketika mengeluarkan seperma dan do’a ketika selesai berhubungan intim.

Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani dalam kitabnya Al-Ghuniyah li Thalibi Thariqi Haqqi Azza Jalla fil Akhlak wa Tasawuf wa Adabil Islamiyah menyebutkan.

سم الله العلي العظيم اللهم اجعله ذرية طيبة ان قدرت ان تخرج من صلبي اللهم جنبني الشيطان وجنب الشيطان ما رزقتني

“Dengan nama allah yang maha tinggi lagi maha Agung ,tyhanku jadikanlah ia keturunan yang baik bila kau takdirkan ia keluar dari tulang punggungku. ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami. ”

Sedangkan do’a ketika keluar air sperma hendaklah berdo’a agar air yang keluar tersebut menjadi anak yang baik kelak. Do’anya  sebagai berikut :

اَللّهُـــمَّ اجْعَــلْ نُطْفَتَــنَا ذُرّ ِيَّةً طَيِّــبَةً

“Ya Allah jadikanlah nutfah kami ini menjadi keturunan yang baik”

Dan yang terakhir setelah melakukan hubungan intim jangan langsung pergi atau tidur akan tetapi baiknya berdo’a lagi. Sebagai berikut:


اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ خَلَقَ مِنَ المْـَــاءِ بَشَـــرًا

 “Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air mani ini menjadi manusia (keturunan).”

Demikian beberapa adab dan do’a ketika hendak berhubungan intim agar mendapatkan berkah dan mengikuti apa yang para ulama ajarkan. (Rep: Abdullah Fais/Ed:011)