Organisasi Bagai Sebuah “Game” ?

0
592
Organisasi bagai sebuah game?
kredit ilustrasi : pngwing.com


Oleh: Ahmad Khoirul Anam ( Ketua PAC IPNU Juwana)

Organisasi merupakan sebuah wadah yang berisi sekumpulan orang yang saling bekejasama untuk mencapai satu tujuan. Untuk mencapai tujuannya tersebut mereka memerlukan misi, dan untuk menjalankan misi tersebut dibuatlah kegiatan sebagai wujud dari adanya upaya untuk mencapai tujuan. Akan tetapi, pada kenyataannya ketika kita berorganisasi, yang kita lakukan hanyalah bermain-main saja. Namun tetap ada aturannya, ada peranannya, dan ada keseruan dibaliknya.

Kita sebagai seorang manusia yang tentunya hidup dalam lingkup sosial dan saling membutuhkan, menciptakan sebuah ikatan, dan dalam ikatan tersebut kita bergerak dalam sebuah sistem norma yang mengatur interaksi antar manusia sebagai makhluk yang mampu berpikir dan berkreasi oleh karena itulah, ketika manusia mampu berpikir terstruktur, sistematis, fantastis, dan masif, mereka menciptakan sebuah organisasi yang pada mulanya berbentuk seperti kerajaan. Yang mana dalam kerajaan tersebut tercipta sebuah permainan di mana yang berkuasalah yang akan menang.

Dalam organisasi pun demikian. Disana tercipta permainan yang mana pada mulanya aturannya dibentuk untuk mencapai tujuan, kemudian beralih dengan membuat kegiatan untuk mewujudkan tujuan, dan ketika pemahaman akan organisasi tersebut berkembang, tercipta sistem permainan yang lebih rumit lagi seperti permainan politik, permainan kekuasaan, permainan untuk saling memperkuat pengaruh, sehingga yang muncul dari organisasi tersebut adalah sebuah permainan yang egois, di mana dalam permainan tersebut membuat tujuan
individu tercapai terlebih dahulu sebelum tujuan organisasi tercapai.

Hal demikian sebenarnya cukup lumrah karena kebenyakan organisasi menargetkan tujuan yang lebih tinggi dan abstrak. Sehingga selamanya tak akan bisa diraih, atau bahkan dari situ tujuan organisasi malah mengantarkan individu pada tujuannya.

Sebenarnya sistem permainan yang dikembangkan inilah yang membuat suasana berorganisasi lebih asyik. Tergantung apakah kita bisa menikmatinya atau tidak, karena realitanya seorang gamer yang sudah pro lebih menyukai permainan karena mereka seringkali menang daripada gamer noob atau amatiran yang sering kalah dalam permainan.

Untuk itulah dalam organisasi ini, terutama di IPNU IPPNU, ketahuilah aturan mainnya, cara mainnya, dan bagaimana agar bisa menkmati permainannya. Tujuan sebenarnya dari organisasi IPNU IPPNU ini adalah untuk mengembangkan karakter dan potensi dari para kadernya agar bisa beradaptasi dalam permainan yang lebih sulit dan menantang yang sering kita sebut dengan kehidupan. Dan di tiap sendi kehidupan selalu ada organisasi, contohnya seperti Negara.

Oleh karena itu, ikutilah permainannya dengan bergabung di IPNU IPPNU atau organisasi sejenis yang cocok untuk karakter pelajar. Ketahulah aturan mainnya melaui PD/PRT (konstitusi). Ketahui cara main yang benar, asik dan menyenangkan yang bisa kalian dapat selama berorganisasi. Endingnya kalianbisa keluar sebagai pemenang dengan meraih gelar tertinggi (pimpinan) sehingga kalian akan dikenang dan hidup kalian akan abadi dalam sejarah (projek keabadian).

Namun perlu diingat, peran apapun penting dalam organisasi atau permainan ini meskipun sebagi karakter penjahat atau lawan. Karena peranan yang baik akan membuat permainan menjadi asyik untuk dinikmati dan terus berjalan sesuai kodrat dan iramanya masing-masing.

Artikel ini pertama kali terbit di laman IPNU/IPPNU PCNU Pati berjudul “Organisasi Bagai Sebuah Games