Kurang Responsif Urusan Pesantren, PWNU Jateng Minta Jokowi Copot Menag Fachrul Razi

0
361
Kurang Responsif Urusan Pesantren, PWNU Jateng Minta Jokowi Copot Menag Fachrul Razi
Kredit foto : hariansemarang.com

nujateng.com Wakil Rois Syuriah PWNU Jawa Tengah, KH Achmad Chalwani Nawawi meminta Presiden Joko Widodo melakukan reshuffle terhadap para Menteri di Kabinet Indonesia Maju, khususnya mencopot Menteri Agama Fachrul Razi dari jabatannya karena kurang responsif terhadap Pondok Pesantren di masa pandemi.

Menurutnya, Menteri Agama tak kunjung mengambil peran sentral untuk menanggulangi kejadian-kejadian covid-19 di lingkungan pondok pesantren.

“Konkret saya kepada Presiden, hendaknya memilih menteri agama yang mengerti agama dan pesantren. Jadi bisa memahami kondisi pesantren dengan adanya pandemi ini,” kata Achmad Chalwani Nawawi dalam keterangan tertulis. Pengasuh Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan lalu membandingkan sosok Letnan Jenderal TNI Alamsjah Ratoe Perwiranegara. .

“Bahkan pernah dikatakan Alamsjah, jika tidak ada Kiai dan pesantren, maka bangsa Indonesia sudah hancur,” katanya. Oleh karena itu ia berharap agar Menteri Agama ke depan bisa diambil dari kalangan pesantren. Seperti sosok Ki Hajar Dewantara.

“Bahkan Kihajar Dewantara sendiri mengatakan satu-satunya Pendidikan yang berhasil adalah pondok pesantren,” kata dia.

Pihak, Wakil Katib Syuriyah PWNU Jateng, Kiai Munib senada dengan KH. Achmad Chalwani bahwa Fachrul Razi tak paham dunia pesantren, oleh karena itu sudah sepantasnya untuk diganti.

“Jadi apa pun yang dipegang oleh bukan ahlinya maka akan hancur,” pungkas Munib. [SRC: Kumparan/ Ed: 011]