Habib Luthfi: NKRI Harga Mati Tak Sekadar Basa-Basi

0
394
Habib Luthfi: NKRI Harga Mati Tak Sekadar Basa-Basi
kredit foto: NU Online

Pekalongan nujateng.com – Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan harga mati bukan hanya sekedar basa-basi yang hanya diucapkan saja. Hal tersebut ditegaskan oleh Rais Aam Idarah Aliyah Jamiyah Ahlit Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah (Jatman), Habib Muhammad Luthfi bin Yahya ketika melakukan upacara memperingati HUT ke-75 RI (17/8/2020).

“NKRI bukan sebatas basa-basi, tapi mengandung konsekuensi untuk mempertahankan, memelihara dan memerjuangkan agar tetap utuh dan tidak terpecah belah,” tutur Habib Luthfi.

Habib Luthfi menyampaikan pada saat memimpin upacara detik-detik proklamasi di kediamannya yang beralamatkan Jalan dr. Wahidin Gang 7, Noyontaan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Beliau mengatakan, bila kita melihat perjalanan sejarah yang telah dilakukan para pendahulu, seharusnya kita (bangsa Indonesia) terbangkitkan rasa akan memiliki atas republik ini.

“Bila hal ini sudah tumbuh di sanubari kita masing-masing. Saya yakin sekali, kesadaran kita semakin tinggi dan tidak akan mudah dibenturkan dengan bangsa sendiri. Bagi mereka (musuh negara), dengan membenturkan sesame anak bangsa, makan NKRI akan mudah digoyahkan,” tutur Habib Luthfi.

Dalam hemat Habib Luthfi, ideology yang kuat serta Pancasila selalu di dada, pasti kita tidak akan diadu domba. Sebab kita akan selalu bercermin kepada para leluhur-leluhur kita.

Pada pidato singkat saat menjadi Pembina upacara, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) tersebut mengutip syair ‘CInta Tanah Air’ buah karangannya sendiri.

Habib Luthfi yang mengenakan pakaian serba putih berpesan, peringatan detik-detik proklamasi yang kita peringati saat ini seharusnya mampu membangkitkan rasa memiliki NKRI dengan berkaca pada leluhur dan bangsa ini.

“Apakah kita yang hadir ini menjadi bangsa yang rasa nasionalismenya luntur? Menjadi bangsa yang memalukan serta mengecewakan para pendiri bangsa ini?” tuturnya pada saat memberikan amanah pada saat upacara.

Kecintaan Habib Luthfi kepada bangsa serta selalu menyerukan persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI bisa dilihat dalam berbagai kesempatan. Menurut Wakil Ketua PC NU Kota Pekalongan Zainal Muhibbin menuturkan, Habib Luthfi merupakan sosok panutan dalam menggelorakan semangat persatuan demi keutuhan NKRI.

“Kecintaan yang teramat sangat Habib Luthfi terhadap NKRI, beliau sampai mendirikan organisasi kemasyarakatan (ormas) yang bernama Pecinta Tanah Air Indonesia atau disingkat dengan Petanesia dimana dalam waktu yang tak lama akan meresmikan jajaran kepengurusannya,” tutur Zainal.

Zainal menambahkan, hal tersebut dilakukan dengan tujuan menanamkan pentingnya ‘hubbul Wathan minal iman’ agar NKRI tidak terpecah belah dalam berbedaan agama, suku, ras, agama dan antar golongan. “Beliau mengingingkan Indonesia tetap utuh,” tutup Zainal. [SRC: NU Online/ Ed: 011]