Ansor Candiroto Ziarahi Makam Pahlawan Di Hari Kemerdekaan

0
346
Ansor Candiroto Ziarahi Makam Pahlawan Di Hari Kemerdekaan
kredit foto: NU Kendal

Kendal nujateng.com Pandemi Covid 19 tak menyurutkan Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda Ansor Candiroto, Kecamatan Kendal untuk tetap memperingati Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Rangkaian peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI itu dimulai dengan acara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Jati Kendal bersama Satkoryon Banser Kendal, Minggu (16/8).

Acara dilanjutkan keesokan harinya, Senin (17/8) dengan pengibaran dan penghormatan bendera merah putih, dilanjutkan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Setia Bakti Boja, Makam Sunan Bromo, Ki Ageng Mataram, dan Makam Syekh Hasan Munadi di Nyatnyono Ungaran.

Menurut Ketua Ansor Candiroto, Muhyidin kegiatan itu dilakukan sebagai wujud rasa syukur atas nikmat kemerdekaan dan terima kasih atas jasa para pahlawan kemerdekaan.

“Tanpa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan serta ridho dari Allah SWT, mustahil bangsa ini bisa merdeka, maka mari kita isi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif, kreatif dan produktif,” ucapnya.

Ditambahkan, kegiatan itu dimaksudkan agar generasi muda dapat mengenal, mengerti sejarah dan jejak perjuangan para pahlawan. Selain itu, juga untuk melestarikan amaliyah warga nahdliyin yakni ziarah.

Sementara itu,  A. Mudzakir Kasatkorkel Banser Candiroto berharap dengan kegiatan itu, para pemuda dapat mengambil teladan dan mewarisi jiwa patriotisme, nasionalisme, dan semangat perjuangan para pahlawan.

“Kemerdekaan yang diperjuangkan para pahlawan, mari kita syukuri dengan menjaga Indonesia tetap aman, damai, penuh toleransi,” tuturnya. [SRC: NU Kendal/Ed; 011]