PC IPNU-IPPNU Pati Gelar Disline ke-12

0
374
PC IPNU-IPPNU Pati Gelar Disline ke-12
kredit foto : ipnuippnupati.com

Pati, nujateng.com– Pengurus Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Pati menggelar diskusi online (Disline) ke-12 bertemakan “Impementasi Konsep Pendidikan Islam Ibnu Kholdun pada Era Kontemporer” pada Kamis, (23/7/2020). Diskusi tersebut dilaksanakan melalui grup WhatsApp PC IPNU-IPPNU Pati.

Dalam diskusi yang diisi oleh mahasiswa pasca sarjana Aqidah dan Filsafat Islam UIN Sunan Kalijaga, Aulia Abdurrahman tersebut bermula atas keprihatinan terhadap keadaan peradaban islam saat ini. “Jika kira menilik sejarah peradaban islam yang terjadi pada masa lalu, islam pernah memiliki catatan emas di puncak kejayaan. Yang melatarbelakangi diskusi ini adalah semakin terpuruknya peradaban islam,” seperti yang tertulis dalam ipnuippnupati.id.

Diskusi yang dipandu langsung oleh Direktur Badan SCC PC IPNU Pati, Miftahus Salam,tersebut mencoba mengangkat pemikiran Ibnu Kholdun dalam bidang pendidikan sebagai referensi untuk menjadi solusi pemasalahan di zaman kiwari.

Aulia Abdurrahman mengawali diskusi tersebut dengan pembagian manusia berdasarkan kemampuan berpikirnya. “Pembagian tersebut ada tiga tingkatan. Pertama, Al-Aqlu al-tamyizi, yakni akal yang dapat membedakan antara entitas satu dengan lainnya. Kedua, Al-aqlu al-tajribi, yakni akal yang bisa menemukan gagasan dari pengalaman hidup. Terakhir, Al-aqlu al-nadzari, yaitu akal yang dapat melakukan pengembangan suatu spekulasi berdasarkan pengetahuan yang telah didapat pada tingkatan sebelumnya,” mengutip dari situs resmi ipnuippnupati.id.

Selain itu, pada diskusi tersebur disampaikan juga mengenai tujuan pendidikan dalam perspektif Ibnu Kholdun yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran yang dikarenakan pengetahuan utuh dari semua realita yang ada.

Dalam penutup diskusi, pemateri menerangkan urgensi dalam memegang teguh dan mempraktekkan dasar-dasar dari agama islam serta mebikuti jalan yang telah disyariatkan Rasulullah SAW. Di samping itu, perlu kiranya pelajar NU terus melakukan motivasi terhadap diri sendiri dalam mempelajari semua ilmu yang ada. (SRC : (IPNU/IPPNU Pati)