Forum Pengasuh Pesantren Kajen Keluarkan Protokol Kenormalan Baru Bagi Santri

0
1624
Forum Pengasuh Pesantren Kajen Keluarkan Protokol Kenormalan Baru Bagi Santri
Forum Pengasuh Pesantren Kajen Keluarkan Protokol Kenormalan Baru Bagi Santri. (dok. FKPP

nujateng.com Forum Komunikasi Pengasuh Pondok Pesantren Kajen mengeluarkan protokol kesehatan melakukan kegiatan di pondok pesantren. Aturan yang berlaku sejak 10 Juni 2020 digunakan mendukung dan melindungi pihak internal dan eksternal pesantren, masyarakat dan madrasah.

“Pengaktifan pesantren dan madrasah mengutamakan  keselamatan santri dari penyebaran covid-19 bersama pemangku kebijakan pensantren,” ujar Ketua FKPP H. M Mujibburrohman Ma’mun dalam keterangan tertulis yang diterima oleh nujateng.com, Kamis (11/06/2020).

Kepulangan santri ke pondok pesantren pun melalui dua tahap, pertama  santri dari Kabupaten Pati. Selang 7 hari, santri dengan domisili di luar Pati. Aturan khusus diberlakukan bagi santri dari zona merah dan memiliki penyakit bawaan diperbolehkan tiddak kembali ke pondok.

“Hal ini agar memudahkan kontrol kondisi kesehatan santri. (Mudah-mudahan) pembiasaan budaya hidup sehat ini akan efektif di terapkan di pondok pesantren,” tambahnya.

Mujiburrohman Ma’mun mengingatkan kepada santri sejak dari rumah agar mendapatkan surat keterangan sehat dari Puskesmas dan surat keterangan dari RT. Selama perjalanan menuju pondok dianjurkan menerapkan protokol kesehatan.

“Sesampai di pondok akan  wajib melalui gerbang utama pondok agar ada penyemprotan disinfektan terhadap barang bawaan dan pakaain. Jika ada yang sakit akan dikarantina di pesantren,” katanya.

Demi melaksanakan kebijakan kenormalan baru, pondok pesantren wajib melakukan menerapkan pola jamaa’ah bergilir, jadwal olahrga dan menghindari makan dalam satu wadah. Selain itu, bagi sekolah di sekitar pesantren  harus meniadakan kegiatan selain belajar mengajar.