PMII Syekh Siti Jenar Siap Menjawab Tantangan Zaman

0
956

Demak nujateng.com Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang handal di era pasar bebas maka kita mendorong para anak muda di Demak untuk meningkatkan keterampilan dan skillnya di bidang yang sesuai dengan bakat minatnya. Demikian itu disampaikan Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak Drs. H. Eko Pringgolaksito, M.Si dalam seminar pembukaan Rapat Tahunan Komisariat (RTK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Syeikh Siti Jenar Akademi Komunitas Negeri (AKN) di Balaidesa Bonangrejo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak , Sabtu, (7/12/2019).

Lebih lanjut Eko menjelaskan di Demak ada Balai Latihan Kerja (BLK) yang tiap tahun mengadakan pelatihan-pelatihan keterampilan seperti menjahit, bengkel, tata rias kecantikan, dan lain-lain.

Sementara itu Pengurus Wilayah Ikatan Alumni PMII Jawa Tengah M Kholidul Adib MSi mengungkapkan bahwa sekarang ini kader PMII memiliki kesempatan meraih kesuksesan asal mau belajar dengan tekun, meningkatkan keterampilan dan mampu membangun jaringan.

“Saya punya teman yang menekuni usaha sablon. Dia memanfaatkan jaringan di Hongkong dan Korea melalui media online. Dia mengerjakan sablon sesuai pesanan mereka. Tiap pekan omsetnya 8 juta. Tentu ini bisnis yang sangat menggiurkan,” kata Adib.

Selain itu, lanjut Adib, sektor perbengkelan juga menggiurkan. “Hampir tiap orang sekarang punya sepeda motor maka jasa perbengkelan sangat dibutuhkan banyak orang mulai tambal ban, isi angin ban, service mesin hingga pemasangan suku cadang. Di Demak juga punya pariwisata religius yang mana kita semua bisa ikut menjual asesoris dan menu-menu khas Demak. Sektor lain yang menarik diseriusi adalah perdagangan online,” kata dia.


Ketua PMII Syekh Siti Jenar Syamsul Maarif mengungkapkan kegiatan tersebut guna menyemangati para kader PMII dan generasi muda di Demak untuk mempersiapkan diri dengan bekal skill.

“Peserta seminar dari berbagai kampus dan organisasi kepemudaan di Demak. Di Demak kampus AKN mempunyai dua program studi yaitu Desan Grafis dan Jasa Pariwisata,” ungkapnya.

Syamsul berharap adanya kampus vokasi Undip di Demak jg punya dua program studi yaitu akuntansi dan teknik mesin. “Keberadaan kampus AKN dan Vokasi Undip di Demak diharapkan bisa ikut meningkatkan skill generasi muda di Demak khususnya anggota PMII,” kata dia. (Rep: Kholidul Adib/Ed: Rs-011)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.