Banser Ranting Bumirejo Gelar Patroli Keamanan

0
451
Banser Ranting Bumirejo Gelar Patroli Keamanan

Demak nujateng.com Personel Ansor dan Banser Desa Bumirejo melaksanakan melakukan patroli di Bumirejo  Kecamatan karangawen Demak (9/10/2019)

Mereka patroli mencegah aksi kejahatan jalanan seperti begal di jalur rawan kriminalitas dan juga mencegah aksi terorisme yang sedang marak. Ketua Tahfidizah Ranting NU Bumirejo H. Mat Sokip menjelaskan kegiatan ini merupakan inisiasi dari Banser demi menjaga kondusivitas di Desa Bumirejo.

“Setiap jalur rawan kami persiapkan anggota Banser untuk mencegah aksi begal dan kejahatan lainnya,” ujar H Mat Sokip

Dijelaskan oleh M Helmi, terdapat beberapa pos penjagaan yakni di jalur turus titang, bodi titang dan karangayar lerep, hingga wilayah jempatan towang turus yang populer sebagai lokasi rawan aksi kejahatan.

“Patroli ini sudah beberapa minggu kami laksanakan bersama banser ranting bumirejo ” ali kamrun komandan banser

Ketua Tahfidizah NU Ranting Bumirejo menyatakan dukungannya atas aksi tersebut. Selain mencegah aksi kejahatan jalanan, Banser juga melakukan kewaspadaan.

“Jika kami menemukan hal yang mencurigakan, segera kami koordinasi dengan jajaran kepolisian terdekat dan mengambil langkah sesuai prosedur hukum,”


Selain langkah represif, Banser juga giat menyosialisasikan pencegahan ini berupa upaya sosialisasi bahaya terorisme, upaya pencegahan dan pendeteksian dini terhadap potensi terorisme.

Komandan Banser Ali Fatkurahman mengajak masyarakat peduli dengan lingkungannya. Menurutnya, hal tersebut karena ada kecenderungan jaringan teroris berkembang di lingkungan yang penduduknya tidak peduli dengan keadaan lingkungannya.

Pernyataan berdasarkan hasil berbagai penelitian dan pendapat ahli terkait karakter para pelaku terorisme. Ia menyatakan lingkungan bisa memberikan sumbangsih bagi proses penanaman ideologi dan pembentukan jaringan terorisme.


“Maka kami Ansor Banser sebagai bagian warga masyarakat terlibat dalam upaya pencegahan aksi dan ideologisasi teroris ini,”  ujarnya. (Rep : Banser Bumirejo/Ed: Rs-011)