Bahtsul Masail NU Jateng Akan Bahas Karhutla Hingga Kelangkaan Pupuk

0
402
Source gambar : Liputan 6

Pati nujateng.com Lembaga Bahtsul Masail NU (LBMNU) Jawa Tengah akan menggelar Bahtsul Masail di Pondok Pesantren Maslakul Huda Kajen Margoyoso Pati , Senin, (11/11/2019 )

Bahtsul masail kali ini dibagi dalam empat komisi yang meliputi komisi bahtsul masail waqi’iyah (faktual), maudlu’iyah (tematik), qanuniyah (perundang-undangan), dan permasalahan yang berhubungan dengan ajaran ahlussunah waljamaah.

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menjadi salah satu masalah yang akan dibahas. Hal ini menjadi sangat penting, karena karhutla telah menjadi bencana tahunan yang menimbulkan kerugian banyak pihak.

“Faktanya karhutla lebih banyak disebabkan oleh praktek “land cleaning” yang berarti terjadi karena faktor kesengajaan,” tutur Ketua LBM NU Jateng K. Zaenal Amin

Pendekatan hukum agama (baca: fiqh) dalam memandang permasalahan karhutla diharapkan akan lebih memberikan efek moral kepada semua pihak, khususnya pihak pelaku pembakaran yang hanya memikirkan keuntungan tapi mengabaikan kerugian yang diderita banyak pihak.

Kelangkaan pupuk yang sempat terjadi di beberapa kabupaten di Jawa tengah juga menjadi salah satu masalah yang akan dibahas dalam bahtsul masail kali ini.

Komisi Maudluiyyah akan konsentrasi membahas pengertian Kontekstualisasi fiqh. Sedangkan komisi kajian aswaja akan merumuskan ayat dan hadist tentang sifat Allah (Rep : Sofi/Ed: Rs-011)