Majlis Mualimil Qur’an Gelar Pelatihan Metode Tilaawati Jatinegara

0
825

Tegal. nujateng.com Ahad, 27 Oktober, bertempat  di TPQ Tarbiyatul Aulad Argatawang, diadakan kegiatan Majelis Mua’allimil Qur’an (MMQ). Acara diikuti oleh guru-guru pengajar baca tulis al-Qur’an metode Tilaawati se_Kecamatan Jatinegara dan Bojong. Lebih kurang 60 orang ustadz-ustazdah Tilaawati menghadiri acara tersebut.

Khosim, SPd.I, Pengurus Koordinator Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Metode Tilawati Kecamatan Jatinegara yang juga salah satu Kepala TPQ Muslimat NU Sabilul Mubtadiin Cikura mengatakan, MMQ adalah wadah silaturahim berlangsungnya kegiatan membaca al-Qur’an secara tartil, dari juz 1-30. MMQ diadakan rutin sebulan sekali secara bergilir pada tempat yang menjadi TPQ metode Tilaawati.

Kegiatan MMQ merupakan kegiatan rutinan yang diselanggarakan mulai tingkat Lembaga, Kecamatan, maupun tingkat kabupaten. Kegiatan MMQ Lembaga dilaksanakan dimasing-masing lembaga terkait, biasanya kegiatan MMQ lembaga dilaksanakan dua kali dalam sebulan, kemudian untuk kegiatan MMQ tingkat kecamatan (KORCAM) dilaksanakan setiap bulan, sedangkan MMQ tingkat kabupaten (KORCAB) dilaksanakan setiap tiga bulan sekali, terang Khosim

Beliau menambahkan Dalam kegiatan MMQ tersebut para guru melakukan baca simak Al Quran dengan tujuan untuk membenahi bacaan-bacaan yang sering dilupaka ketika tadarus, dalam hal ini juga sebagai wujud doa untuk para santrinya supaya dapat muttasil antara jiwa guru dan jiwa seorang santri, selain kegiatan tadarus bersama atau baca simak para ustadz dan ustadzah, dalam kegiatan tersebut juga diisi dengan dengan pembinaan materi atau evaluasi pembelajaran oleh Koordinator Cabang (KORCAB), dalam kegiatan inilah para ustadz-ustadzah melakukan pembugaran atau penyegaran metode, mudah-mudahan kegiatan MMQ dapat berjalan Istiqomah. harapnya

Acara MMQ berlangsung pada pukul 08.00-12.00 WIB. Kegiatan dimulai dengan membaca al-Qur’an dengan membagi kelompok berdasarkan juz. Kemudian dilanjutkan dengan musyawarah yang dipimpin oleh Sekretaris Koordinator Kecamatan (Korcam) Metode Tilawati Jatinegara.

Tahmid Sekretaris Tilaawati menyampaikan bahwasanya Metode Tilawati di karang oleh KH Imron Ahmadi adalah orang pertama yang mengenalkan metode Tilaawati. Kyai Imron pernah berpesan di antara dawuh (pesan) Kyai Imron, “Saya tidak jual buku, Saya ingin anak-anak nanti ngajinya benar. Kalau saya jual buku, buat apa repot-repot membentuk koordinator, titipkan saja ke toko buku, selesai.” penyampaian pesan kyai itu dimaksudkan untuk menyegarkan kembali semangat para ustadz dan ustadzah, agar dalam mengajar Tilaawati tetap pada niat, visi, dan misi yang dipesan oleh kyai.

Pesan terakhir dari serangkaian Dawuh Dawuh Kyai Imron yang disampaikan adalah agar guru al-Qur’an sering tadarus, ikhlas, dan hati-hati dalam mengajar al-Qur’an. harapnya

Sistem pengajaran Tilaawati dilakukan dengan membentuk korcab pada setiap daerah. Pembentukan korcab Tilaawati bertujuan untuk koordinasi dan kontrol terpadu pembelajaran Tilaawati. Pusatnya di Tegal. Sehingga, untuk buku pegangan tidak dijual bebas di toko buku, tapi hanya dapat diperoleh pada TPQ penyelenggara (Rep: Tahmid/Ed: R-011)