Sikapi Persoalan Terkini, PWNU Jateng Adakan Rapat Pleno

0
1732
Ketua Tanfidziah PWNU Jawa Tengah, KH Mohamad Muzammil (dok. nujateng.com)

Semarang, nujateng.com– Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah akan menyelenggarakan Rapat Pleno pada Senin, 19 Agustus 2019. Rapat Pleno akan diikuti oleh seluruh pengurus, mulai dari jajaran Mustasyar, Syuriah, A’wan, Tanfidziah, Ketua Badan Otonom dan Ketua Lembaga.

Menurut penuturan Ketua PWNU Jawa Tengah, KH. Mohamad Muzamil, bahwa Rapat Pleno ini dilakukan dengan tujuan untuk melakukan konsolidasi organisasi, terutama dalam menyikapi persoalan-persoalan yang sekarang ini sedang dihadapi oleh NU, khususnya di wilayah Jawa Tengah.

“Hal berangkat dari PWNU Jawa Tengah yang telah melakukan Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) di Temanggung beberapa waktu lalu, dan telah melakukan kegiatan pengembangan kapasitas organisasi, melakukan penataan kelembagaan, kaderisasi, dan bahtsul masail serta lailatul ijtima secara berkala,” kata Ketua PWNU Jawa Tengah kepada nujateng.com, baru-baru ini.

Selain itu, lanjut Kiai Muzamil, biasa ia disapa, lembaga-lembaga dan badan otonom NU juga telah merumuskan visi dan misi organisasi serta kerjasama dengan organisasi lain yang punya visi yang relatif sama.

“Oleh karenanya, dalam rapat pleno tersebut akan membahas beberapa kendala yang dihadapi serta jalan keluarnya, diantaranya yang berkaitan kemandirian jam’iyyah dan jama’ah, membangun kembali tradisi budaya Nahdliyin, sikap instan dalam memahami agama, serta melunturnya moralitas bangsa yang kian memprihatinkan,” jelasnya.

Dalam rapat pleno tidak hanya membahas tentang masalah intern juga, namun juga akan dibahas tentang relasi dengan ekstern. “Yang lebih penting lagi adalah upaya menjaga persaudaraan (ukhuwah) dengan segenap komponen bangsa di Jawa Tengah, agar persatuan bangsa tetap lestari sesuai dengan prinsip keadilan dan kemakmuran bagi seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya. (Red-010)