PCNU Kota Pekalongan: Pasca Pilpres, Fokus Diniyah Lagi

0
3640

Pekalongan nujateng.com Nahdlatul Ulama Kota Pekalongan Jawa Tengah menganggap hiruk pikuk politik baik pemilihan presiden (Pilpres) maupun pemilihan legislatif (Pileg) adalah bagian dari siyasah, sehingga begitu hajatan nasional sudah selesai, saatnya NU fokus ke bidang garapan utama, yakni program diniyah.

Hal itu diungkapkan Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan, KH Zakaria Ansor pada kegiatan Halaqah Kebangsaan yang dihelat PCNU di Pesantren Al-Mubarok, Pekalongan, Jateng, Senin (22/4).

“Karena pemilu hanya bagian dari siyasah NU dan Pemilu sudah selesai, maka NU harus kembali fokus pada program-programnya, terutama masalah diniyah,” ujarnya.

Dikatakan, tugas-tugas bimbingan kepada warga NU baik dalam pemahaman maupun pengamalan dari ajaran Rasululah SAW, merupakan tugas utama pengurus NU di semua tingkatan.

“Dengan siyasah atau politik, kita sudah menyerahkan epada partai politik maupun para politisi agar bisa membawa misi ajaran ahlussunnah waljamaah,” tandas Kiai Zakaria yang juga Pengasuh Pesantren Al-Mubarok, Kota Pekalongan ini.

Karena itu, lanjutnya, kegiatan Halaqah Kebangsaan yang mengambil tema Peran dan Peluang NU, Ponpes dan Madin Pascapilpres 2019 menjadi penting, agar kita tidak hanyut terbawa arus politik yang kemarin sempat memecah belah, sehingga terjadi sekat-sekat antar warga NU karena beda pilihan.

“Melalui forum ini, saya berharap dapat meningkatkan pemahaman ajaran Rasulullah SAW, sekaligus membentengi akidah nahdliyin yang pada pemilu kemarin sempat terkena imbas,” tandasnya.

Kegiatan Halaqah Kebangsaan selain dihadiri KH Abdul Ghofur Maemoen dan utusan Wakil Gubernur Jawa Tengah H Taj Yasin Maemoen, juga Kepala Kantor Kemenag Kabupaten dan Kota Pekalongan, jajaran pengurus cabang NU, badan otonom, lembaga NU Kota Pekalongan, jajaran pengurus MWC dan Ranting NU se-Kota Pekalongan serta guru-guru Madrasah Diniyah.

Sebelum halaqah dimulai, Pimpinan Wilayah Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Tengah melantik PC ISNU Kota Pekalongan masa khidmat 2019-2024. (Src: NU Online/Ed: 011)