Tema Utama Munas dan Konbes NU 2019 Terkait Isu Kedaulatan Rakyat

0
982
Iklan

Jakarta nujateng.com Pengurus Besar Nahdlatul Ulama telah mengeluarkan keputusan resmi mengenai tema besar Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Munas Konbes NU) II. Acara yang akan diselenggarakan pada Februari mendatang di Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo Kujangsari, Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat akan mengangkat isu kedaulatan rakyat melalui tema “Memperkuat Khidmah Wathoniyah untuk Kedaulatan Rakyat”.

Selanjutnya, tema besar ini diturunkan pada empat subtema yakni masalah-masalah kenegaraan, lingkungan hidup, ekonomi dan kebudayaan. “Munas dan Konbes akan mengusung isu kerakyatan yang sekarang lagi dirasakan oleh bangsa kita,” kata Ketua Steering Commitee Munas dan Konbes NU, Marsudi Syuhud di sela-sela rapat organizing commite di Gedung PBNU Jakarta, Selasa (11/12).

Penentuan tema ini merupakan bentuk respon NU terhadap isu yang sedang berkembang luas di kalangan masyarakat. Beberapa isu yang akan secara detail dibahas antara lain adalah reforma agraria, ancaman kelompok radikal, tantangan bonus demografi, hingga ancaman sampah yang perlu didukung oleh dalil keagamaan.

Selain membahas mengenai tema, persiapan lain juga menjadi pembahasan dalam rapat kali ini, termasuk kesiapan tuan rumah Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo Kujangsari. Pondok yang rencananya akan ditempati dilaporkan sedang berbenah untuk acara ini dengan sejumlah perbaikan berupa pembuatan paving hingga perbaikan kamar-kamar pesantren yang akan ditempati peserta.

Hajat terbesar warga NU ini diprediksi akan dihadiri ribuan orang, dengan rincian; 500 orang peserta, 1.500 undangan saat pembukaan dan sekitar tiga ribu pengunjung.

Persiapan lain yang menjadi pembahasan adalah persiapan kesiapan tim kesehatan di lokasi kegiatan. Panitia akan membuat standart operating system (SOP) pelayanan dan membuka unit pelayanan kesehatan untuk melayani peserta dan panitia yang bertugas selama kegiatan. Pelayanan kesehatan ini akan bekerja sama dengan rumah sakit terdekat, termasuk untuk penyediaan unit ambulance.

Rapat ini memutuskan agar panitia menggelar rapat mingguan untuk meningkatkan intensitas pertemuan dan update kesiapan penyelenggaraan.  (Sumber: NU Online/ Red: Rais-011)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.