Siapkan SMK NU Boarding School, PCNU Rembang Matangkan Konsep

0
842
Suasana Bedah Konsep Rencana Strategis Pembangunan SMK NU Rembang. (Dok. NU Online)

Rembang, nujateng.com- Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Rembang Jawa Tengah menggelar  bedah konsep rencana strategis pembangunan SMK NU yang dilakukan di Aula Kantor Kementerian Agama Rembang, baru-baru ini.

Kegiatan ini bertujuan untuk menemukan konsep yang matang membangun lembaga pendidikan formal SMK NU Boarding School berbasis masyarakat perkotaan.

Munculnya program ini dilatarbelakangi oleh kecenderungan para tokoh di Rembang, yang menyekolahkan anak-anaknya di luar kota. Khawatirnya, setelah pulang ke kampung halaman membawa paham dan ajaran aneh-aneh, yang selama ini selalu ditolak oleh para sesepuh Rembang.

Asisten 1 Setda Kabupaten Rembang, Nor Efendi mengatakan, di era abad ke-21, beberapa hal perlu dipersiapkan, jika bermaksud memikirkan dan bertindak memajukan Rembang.

Menurut Nor Efendi, bupati Rembang sangat mengapresiasi kehadiran Boarding School SMK NU Rembang.

“Harapannya, tindak lanjut konsep ini betul-betul serius, mampu bertahan lama, dan dapat terealisasi selama-lamanya,’’ ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Efendi memberikan beberapa masukan, antara lain perlunya melakukan perhitungan seputar kebutuhan komponen-komponen demi kemajuan SMK NU Rembang, mencari referensi  untuk pengembangan SMK, hingga membangun komunikasi dengan dunia usaha.

Sementara itu, Saekhan Muchith, dosen IAIN Kudus, mengatakan rencana yang akan dilakukan oleh PCNU Rembang sangat didukung dengan potensi daerah yang dimiliki. Seperti daerah tambang, karena banyaknya perusahaan yang bergerak di sektor tambang.

Selain itu, lanjutnya, Rembang juga identik dengan daerah pertanian, karena mayoritas warganya, berpenghasilan dari sektor pertanian. Dan Rembang juga daerah pusat pendidikan berbasis keagamaan dengan keberadaan pesantren-pesantren tua yang dimiliki.

“Berdasarkan potensi yang ada, maka seharusnya dalam Renstra sudah bisa memutuskan ciri pembeda SMK Boarding School NU Rembang yang akan dikembangkan, semisal gagasan SMK berbasis religi dan maritim, SMK berbasis korporasi dan religi, atau SMK religi berbasis pertanian,” pungkasnya. (Adib/Wahib)