Gus Nasrul : Gagasan Maulid Sejak Zaman Rasulullah

0
159
Sumber : NU Online

Wonosobo nujateng.com Wakil Katib PWNU Jateng KH Nasrulloh Afandi, menegaskan, bahwa Nabi Muhammad Saw adalah orang yang pertama memperingati hari Maulid atau kelahirannya.

“Merujuk kitab Sahih Muslim, dalam sebuah hadits yang membahas tentang puasa hari Senin, ketika Baginda Nabi ditanya tentang puasa hari Senin, maka beliau menjawab, karena hari Senin adalah hari aku dilahirkan,” papar Gus Nasrul pada peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw di Pondok Pesantren Nurul Falah, Berbaur, Prigi Jolontoro Sapuran Wonosobo, Jawa Tengah, Senin (3/12).

Menurut Syeikh Muhammad Bin ‘Alawi al-Hasani Makkah, lanjut Gus Nasrul, dalam kitab Al-‘ilam bi fatawa aimmatil Islam, hadits di atas adalah landasan yang terang benderang.

“Bahwa Nabi Muhammad Saw, waktu masih hidup, sudah memperingati hari Maulid atau lahirnya,” tutur Doktor Maqashid Syariah Universitas al-Qurawiyin itu.

Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) ini pun mengutip pendapat Syeikh Muhammad ‘Alawi, bahwa orang-orang yang mengatakan bahwa peringatan Maulid Nabi Saw, pertama kali dilaksanakan oleh Dinasti Fatimiyyah, atau Raja Mesir Pertama, Solahuddin al-Ayyubi, dapat dipastikan orang yang berpendapat demikian adalah orang yang salah kaprah tentang hal itu. (sumber : NU Online/ Red: Rais-011)