Gandeng KPU, IPPNU Tegal Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemula

0
753
Tegal, nujateng.com – Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri (IPPNU) Kabupaten Tegal menggelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemula pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tegal Tahun 2018. Acara yang menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal digelar, Ahad (1/4) di Gedung PCNU Kabupaten Tegal.
Acara Sosialisasi yang dirangkai Tasyakuran Harlah IPPNU ke 63, dihadiri Komisioner KPU Kabupaten Tegal Nur Fanani, Pembina IPPNU dan diikuti perwakilan Pimpinan Anak Cabang IPPNU se Kabupaten Tegal.
Ketua Pimpinan Cabang IPPNU Kabupaten Tegal Kamelia Nurul Utami mengemukakan, perlunya Sosialisasi pendidikan Pemilih ini sebagai modal kader IPPNU berpartisipasi dalam pemilihan calon Pemimpin ke depan yang akan menahkodai Kabupaten Tegal dan Jawa Tengah. Hal ini perlu dilakukan untuk membekali kader-kader IPPNU agar tidak buta tentang politik.
“Paling tidak dengan adanya kegiatan ini mereka tahu informasi terkini tentang politik. Apalagi sebagai Pemilih pemula, sehingga akan tumbuh kepeduliannya terhadap pembelajaran tentang politik. Jadi tidak Apatis,” tuturnya.
Kamelia berharap, kegiatan Sosialisasi menjadi kader IPPNU khususnya Kabupaten Tegal menjadi pemilih yang cerdas. Dan semakin meningkatnya kesadaran politik dimasyarakat.
Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Tegal Nur Fanani dalam kesempatan itu mengungkapkan, kalangan Pelajar seperti IPPNU juga harus belajar Ilmu Politiknya, bukan memasuki politik praktisnya. “Kader IPPNU mesti mapan dan update dengan fenomena politik saat ini, termasuk gelaran Pemilihan Gubernur  dan wWakil Gubernur Jateng dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tegal tahun 2018,” ujarnya
Menurut Fanani, IPPNU yang mapan akan politik tahu bagaimana menjadi pemilih yang baik. Yakni pemilih yang menolak money politik, gratifikasi dan sejenisnya. “IPPNU juga harus menjadi pemilih yang pandai menganalisa calon-calon yang akan dipilihnya mulai dari latar belakang kehidupan sosialnya, take recordnya dan sebagainya,” pungkasnya.
Sosialisasi diakhiri dengan penyerahan hadiah dan penghargaan kepada kader IPPNU se Kabupaten Tegal yang telah berpartisipasi mengikuti lomba foto dan video kreatif yang diadakan oleh Pimpinan Cabang IPPNU Kabupaten Tegal. [Hasan/009]