IPNU Jateng Adakan Pelatihan Riset

0
1740
Mengisi Materi: Sekretaris PW Lakpesdam NU Jateng Tedi Kholiludi mengisi materi pada pelatihan riset PW IPNU Jateng, Jumat, (13/10/17). [Foto: Ceprudin].
Iklan

Semarang, nujateng.com- Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Tengah mengadakan pelatihan riset. Pelatihan ini berlangsung di Balai Pengembangan Multi Media Kementerian Pendidikan RI, Pakintelan, Gunung Pati, Kota Semarang.

Sekretaris PW Lakpesdam NU Jateng Tedi Kholiludin yang menjadi narasumber pada acara itu menyampaikan, sebuah riset yang baik harus dilalukan dengan rancangan yang baik pula.

“Sebelum terjun penelitian, harus disiapkan kerangka yang matang. Mulai dari latar belakang, rumusan masalah, serta menyusun pertanyaan. Semua itu harus dilakukan dengan matang,” jelas Tedi saat mengisi pelatihan, Jumat, (13/10/17) malam.

Tedi menambahkan, setelah selesai menyusun kerangka penelitian, langkah selanjutnya menyiapkan draf pertanyaan. Menyusun pertanyaan penting dilakukan supaya saat penggalian data fokus pada masalah yang akan diteliti.

“Meskipun dilapangan nanti bisa melakukan eksplorasi pertanyaan, namun garis-garis besar pertanyaan tetap harus disiapkan. Tujuannya supaya tidak melebar kemana-mana. Kadang kalau sudah di lapangan itu pembicaraan bisa kemana-mana,” sambungnya.

Dosen Pascasarjana Unwahas ini menambahkan, dasar penelitian yang harus dicermati adalah adanya perbedaan antara das sein dan das sollen, antara fakta dan norma. Artinya, pokok persoalan yang harus diidentifikasi adalah adanya kesenjangan antara yang seharusnya dan kenyataan di lapangan.

“Kalau misal persoalannya maraknya bulying di sekolah, ini masalah. Nah, harus dicari fakta dilapangan bulying itu terjadi dikarenakan apa? Seharusnya bagaimana sikap siswa di sekolah terhadap temannya,” lanjut Tedi.

Dalam melakukan riset, tak kalah pentingnya mengenai analisis data. Analisis ini, kata Tedi, fungsinya untuk mencapai kesimpulan atas adanya problem di lapangan.

Sebagai informasi, pelatihan riset ini dibuka oleh Ketua PWNU Jateng, Drs. Abu Hapsin, Ph.D. Pelatihan ini diikuti kader 20 an kader IPNU dan IPPNU Jateng. Mereka mengikuti pelatihan selama tiga hari, Jumat hingga Minggu, 13 sampai 15 Oktober 2017. [Ceprudin/002]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.