Mandirikan Santri dengan Budidaya Ikan

0
1444
Kolam budidaya ikan nila milik PPTI Al Falah Salatiga. Foto. Evie
Iklan

Salatiga, nujateng.com – Mengajarkan santri menjadi mandiri banyak hal yang ditempuh, seperti hal yang ringan namun menghasilkan, yaitu budidaya ikan nila. Salah satu pesantren di Kota Salatiga, PPTI Al Falah mengajarkan budidaya ikan nila kepada santrinya.

Salah satu santri  Al Falah, Ahmad Fauzi mengatakan bahwa, dengan membudidaya ikan nila, pesantren akan diuntungkan.

“Saya kira dengan budidaya ikan nila dapat menjadi usaha yang menguntungkan bagi pesantren,” katanya.

Kang Ozi, sapaan akrabnya yang juga pengelola kolam ikan nila, saat diwawancarai nujateng.com mengungkapkan bahwa santri selain mengaji juga perlu mengabdi pada pesantren,  Sabtu (23/9/2017) kemarin.

“Ini menjadi bentuk pengabdian kami, hanya ini yang bisa kami lakukan. Tidak setiap saat kami menunggu di sini, hanya sesekali kami kesini untuk memberi makan ikan. Itu pun waktunya bukan saat jam ngaji. Kalo waktu ngaji ya kami ke pondok. Kalo hari libur kami sempatkan bersih bersih kolam” ungkapnya.

PPTI Al Falah mulai merintis budidaya ikan nila sejak bulan Agustus 2017 yang lalu. Harapannya usaha budidaya ikan nilai menjadikan pesantren mandiri yang bisa menghasilkan pemasukan dana untuk menunjang kurikulum belajar mengajar santri.

“Ada 400  ikan nila dan rencana kedepannya akan menambah bibit lagi sebanyak 1000 sampai 2000 ekor,” kata Ozi. (Evie/003)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.