Demi NU dan NKRI, Puluhan Ribu Kader Penggerak Kumpul di Kebumen

0
2768
Apel kader penggerak NU Jawa Tengah yang diikuti puluhan ribu peserta berkumpul di pantai Petanahan Kabupaten Kebumen, Minggu (16/4/17) pagi. [Foto: Bams]

Kebumen, nujateng.com- Apel kesetiaan kader penggerak Nahdlatul Ulama Jawa Tengah di pantai Petanahan Kabupaten Kebumen pada Minggu (16/4/17) pagi yang diikuti puluhan ribu kader dari berbagai kabupaten dan kota di Jawa Tengah disambut gembira oleh masyarakat, pemerintah dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kebumen.

Rais Syuriah PCNU Kebumen, KH Wahid Mahfud, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehadiran puluhan ribu kader menambah semangat masyarakat Kebumen dalam mengikuti jam’iyyah Nahdlatul Ulama dan menjadikan NU di Kebumen lebih otentik. “Dengan adanya pertemuan ini menambah vitamin kepada masyarakat Kebumen yang selama ini ke-NU-annya sudah sangat mendalam,” tuturnya.

Meski ke-NU-an di Kebumen sudah mendarah daging, namun dengan banyaknya paham-paham keislaman lain yang belakangan banyak bermunculan, sebagian warga nahdliyin kadang ada yang terpengaruh. Hal ini menjadikan masyarakat Kebumen tidak outentik lagi dalam mengikuti paham Ahlussunnah wal jama’ah yang menjadi ciri khas Nahdlatul Ulama.

“Kedatangan para kader penggerak menambah semangat. Ibarat emas, dengan adanya acara ini ke-NU-an di Kebumen menjadi 24 karat murni,” jelasnya.

Jumlah peserta apel kader penggerak NU Jawa Tengah melebihi jumlah yang diperkirakan panitia. Awalnya panitia memperkirakan yang akan datang sebanyak 10 ribu peserta, tapi ternyata lebih dari 15 ribu. “Hal ini menjadikan fasilitas yang disediakan tidak mencukupi, namun dengan semangat yang tinggi dan ikhlas dalam mengabdi kepada NU, semuanya bisa berjalan dengan baik,” tambahnya.

Demo di Jakarta

Banyaknya peserta yang hadir menjadi kegembiraan tersendiri bagi masyarakat, pemerintah dan PCNU Kabupaten Kebumen. Pasalnya, peserta berangkat sejak sehari sebelumnya (Sabtu, 15/4/17) dengan membuat tenda di sekitaran pantai Petanahan Kabupaten Kebumen. Lalu malam harinya mengikuti istighotsah di tepi pantai, dan beristirahat di tenda masing-masing dengan tanpa keluh kesah.

“Hingga pagi ini, saya perhatikan semuanya masih semangat, tulus, dan penuh pengabdian. Ini berbeda jauh dengan demo di Jakarta yang didanai milyaran rupiah. Acara kita di sini (apel kader penggerak NU di Kebumen, red) tidak butuh milyaran, kita mengeluarkan uang sendiri-sendiri demi NU dan NKRI. Semuanya bisa berjalan lancar dan dengan jumlah peserta sangat banyak. Karena itu, kalau sekedar ingin menandingi demo di Jakarta, tidak perlu mengumpulkan kader penggerak se Jawa Tengah, se Kabupaten Kebumen saja siap dan bisa menandingi,” tegasnya.

Menyaksikan banyaknya kader penggerak dan semangatnya dalam mengabdi kepada NU, Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Tengah KH Abu Hapsin, Ph.D merasa bangga dan optimis akan masa depan NU di Jawa Tengah. “Saya bangga dan terharu berkumpulnya para kader di sini. Melihat kehadiran sahabat-sahabat dengan penuh semangat, saya merasa yakin bahwa lima sampai sepuluh tahun ke depan, NU di Jawa Tengah akan lebih besar lagi dari sekarang ini,” katanya.

Hadir dalam acara ini, Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2010-2015, KH As’ad Said Ali, Wakil Sekjen PBNU Abdul Mun’im DZ, Rais Syuriah PWNU Jawa Tengah KH Ubaidullah Shodaqah, dan para pengasuh pondok pesantren di Kebumen. [AR/002]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.