230 Kader Pagar Nusa Kota Semarang Tingkatkan Kapasitas 

1
141473

Semarang, nujateng.com –  230 Kader Pagar Nusa Kota Semarang dari siswa Sekolah Menengah Pertama, Atas hingga Mahasiswa mengikuti Latihan Kader Dasar dan Ujian Kenaikan Tingkat. Bertempat di komplek pondok pesantren Al-Uswah Gunungpati, Semarang. Kegiatan pengkaderan ini berlangsung selama dua hari,Sabtu-Minggu (18-19/2). Selain ujian ketahanan fisik peserta dibekali dengan materi ke-NU-an, keorganisasian, ke-Pagar Nusa-an dan motivasi diri.

Hadir Ketua Pengurus Cabang Pagar Nusa (PN) Kota Semarang, Abah Endro Supaat beserta jajarannya. Abah Hendro sangat mengapresiasi pengkaderan seperti ini. Menurutnya, banyak manfaat yang bisa  di petik dari organisasi ini. Umur tak menjadi masalah untuk bergabung dengan organisasi ini. Salah satu tujuan pencak silat adalah olah raga dan olah rasa. Sehingga siapapun bisa mengikutinya.

“Sumpah Prasetya Pagar Nusa perlu kita hafalkan dan dalami maknanya,” papar Abah Endro.

Isi dari Sumpah Prasetya diantaranya bertakwa kepada Allah SWT, berbhakti kepada nusa dan bangsa, menjunjung  tinggi persatuan dan kesatuan, mempertahankan kebenaran dan mencegah kemungkaran dan mempertahankan faham Ahlussunnah Wal Jama’ah.  Inilah yang harus  dipegang  teguh kader-kader baru dari pemuda Nahdlatul Ulama.

Format pengkaderan seperti ini merupakan pertama kali digagas di lingkungan Pagar Nusa. Muzakka, salah seorang pelatih di Kota Semarang menyatakan bahwa gagasan ini  ingin mengisi mental kader-kader pendekar dengan pengetahuan dan kekuatan fisik. Dengan demikian ada keseimbangan antara pikiran dan tindakan agar tak mudah terprovokasi dan memahami keadaan di sekitar. (Zulfa/003)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.