Tangkal Media Hoax dengan Konten Menyejukkan

0
1876
Suasana workshop digital literasi dengan tema “Deradikalisasi Dunia Maya: Mencegah Simbiosis Terorisme dan Media,” Jumat (30/12). Foto: Zulfa
Iklan

Semarang, nujateng.com –  Merebaknya berita dan konten hoax di dunia maya yang menimbulkan fitnah, menyentuh aktivis cyber aswaja di Kota Semarang. Salah satu untuk mengatasinya dengan mengimbangi peredaran situs penyebar hoax dengan konten-konten yang menyejukkan. Para aktivis aswaja ini membekali diri dengan menggelar workshop digital literasi dengan tema “Deradikalisasi Dunia Maya: Mencegah Simbiosis Terorisme dan Media,” Jumat (30/12).

Hasan Habibie mewakili Pustekkom Kemendikbud mengingatkan pada peserta workshop untuk memperbanyak konten yang menyejukkan dan Islam rahmatal lilalamin. Semangat pemuda ini harus terus dikobarkan menyuarakan hal-hal yang memberikan informasi positif untuk menjaga keharmosian kehidupan.

“Berita hoax yang selama ini mengganggu kenyamanan harus kita kurangi bersama,”tegasnya.

Disisi yang lain, kalau melihat atau menyebarkan berita harus memiliki etika islami. Kita bisa meniru sifat nabi mulai dari shiddiq, amanah, tabligh dan fathonah. Selain itu, kita bisa menggali etika-etika yang lain dari ulama-kiai sebagai adab dalam menyebarkan informasi pada publik.

Sementara itu, redaktur senior Suara Merdeka, Agus Fathuddin Yusuf mengatakan bahwa media sekarang sudah bisa kita buat sendiri. Mulai dari berita, fotografi bahkan sampai memiliki media itu sendiri, itu bisa dilihat di media sosial sekarang ini.

“Dari sini kita dengan mudah menyebarkan berita yang kadang abai terhadap proses verifikasi, cek dan ricek serta keberimbangan,” jelas pria yang juga wakil ketua PCNU kota Semarang.

Ditambahkan Agus, banyak ayat yang menginspirasi kita untuk melakukan verifikasi, salah satunya ayat 6 surat al-Hujurat. Dari pertemuan kali ini, Agus berharap jaringan yang terbentuk kali ini mampu mewarnai dunia maya menggunakan konten yang sejuk, damai dan ramah. (Zulfa/003)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.