Rektor Undip Restui Hasyim Jadi KPU

0
1815
Hasyim Asyari

Semarang, nujateng.com – Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Yos Johan Utama merestui salah satu Dosennya, Hasyim Asy’ari, menjadi Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hasyim merupakan salah satu pengajar yang berstatus pegawai negeri sipil di bagian Hukum Tata Negara (HTN), Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang. Ia berpeluang menjadi anggota KPU menyusul meninggalnya salah satu komisioner Husni Kamil Manik.

“Sebagai rektor, jika ada staf Undip dipercaya menjadi anggota KPU maka kami mengizinkan dan mendukung penuh,” kata Rektor, seperti diberitakan Tempo, Jum’at (15/7/2016).

Yos Johan menjelaskan, jika ada dosen menjadi anggota KPU atau aktif di lembaga lain maka itu bagian dari wujud pengabdian kampus kepada masyarakat. Ia mengaku sudah bertemu dengan Hasyim Asy’ari setelah beredar kabar stafnya itu menjadi calon kuat di KPU.

Rangking Delapan

Yos Johan sudah menyampaikan dukungan dan izin itu ke Hasyim. Ihwal status Hasyim di Undip setelah nanti menjadi anggota KPU, Yos Johan belum bisa memastikan. Sebab, selama ini aturannya berbeda-beda. Bisa saja status Hasyim di Undip adalah cuti di luar tanggungan negara atau berstatus sedang mendapatkan penugasan.

Hasyim adalah peraih rangking ke delapan dalam fit and proper test calon KPU periode 2012-2017. Hasyim sendiri masih enggan berkomentar soal penunjukan dirinya menjadi anggota KPU pengganti Husni Kamil. “Saya belum bisa komentar karena belum mendapatkan pemberitahuan resmi,” katanya.

Bagi Hasyim, dunia kepemiluan sangatlah tidak asing lagi. Ia pernah menjadi anggota KPUD Jawa Tengah periode 2003-2008. Ia juga sering menjadi pembicara dalam seminar/diskusi yang bertema kepemiluan. Bahkan beberapa kali menjadi saksi ahli dalam sengketa kepemiluan. (Ceprudin/003)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.