Haul Syech Armia bin Kurdi, Gairahkan Ekonomi Masyarakat

0
650

Tegal, nujateng.com Pesona Syech Armia sungguh luar biasa. Kendati telah wafat puluhan Tahun silam, namun keharuman namanya,  tak pernah berkurang. Ini bisa dilihat dari peringatan haul ke 87 Syech Armia yang jatuh pada hari Sabtu, 28 Muharram 1441 atau bertepatan 28 September 2019 lalu

Sejak dua hari sebelum pelaksanaan haul, ratusan peziarah sudah hilir mudik memadati makamnya yang terletak di Komplek Pondok Pesantren At-tauhidiyah Cikura Bojong Tegal, Jawa Tengah.

Menurut Ust Jabidin Tokoh Masyarakat sekitar, berjejalnya  para peziarah yang datang ke Syech Armia dan makamnya untuk turut serta berdoa dalam peringatan  haul tersebut menunjukkan kemuliaan dan kharisma beliau. 

Di luar itu, peringatan haul tersebut juga memberikan manfaat lain, yaitu bergairahnya kegiatan ekonomi masyarakat sekitarnya, mulai dari  transportasi, berbagai macam jualan, pakaian ataupun makanan hingga tukang parkir.

Lanjut, Ust Jabidin yang juga ketua Rijalul Ansor Ranting Sitail Kecamatan Jatinegara Tegal menyampaikan wujud kepedulian masyarakat sekitar terhadap peringatan Haul Akbar Syech Armia adalah memberikan pelayanan maksimal kepada para peziarah, diberi kenyamanan dengan disuguhi makanan dan minuman saat haul, dan perlengkapan lainya

Haul Syech Armia bin Kyai Kurdi yang diperingati setiap tahun dikomplek Pondok Pesantren Attauhidiyyah Cikura, Tegal selalu di hadiri puluhan ribu Jamaah. Mereka berdatangan dari wilayah Bumiayu, Purbalingga, Purwokerto, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Batang, Banjar, Cilacap, Brebes, Cirebon dan Jakarta.

Pada tahun sebelumnya jamaah yang hadir ke cikura lebih dari 50 ribu jamaah, dan pada Haul syech Armia bin Kyai Kurdi ke-87 ini, insya Allah lebih dari bilangan itu. Kita dapat lihat dari berjejalnya jamaah hampir disemua jalur menuju cikura dalam radius 2 kilo meter, bahkan setelah acara selesai pada jam 11 30 WIB, kemacetan mobil pengantar jamaah baru dapat terurai menjelang sholat isya.

Membludaknya jamaah pada tahun ini merupakan karena efektifnya publikasi baik oleh rayon yang ada di sekitar kota Tegal. imbuhnya.

Sudah menjadi kebiasaan jamaah, yang datang dari luar daerah, biasanya mereka menginap di pesantren untuk beberapa hari bahkan hal ini diikuti oleh jamaah sekitar kota Tegal

Hal senada disampaikan oleh Sahabat Jaelani Pengurus pemuda Dk Kalimanggis Sitail Ditanya tentang motivasi dalam membantu Haul Syech Armia ia menjawab Haul adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Attauhidiyyah untuk mengenang jasa dan perjuangan Syech Armia dalam menyebarkan agama Islam di wilayah Tegal dan sekitarnya. Oleh karena itu sebagai wujud bakti saya secara pribadi, kami realisasikan dengan turut serta membantu sesuai dengan kemampuan kami guna suksesnya acara tersebut.

Ia menambahkan, Haul syechuna Armia bin Kyai Kurdi merupakan momentum yang sangat pas untuk menciptakan atau paling tidak merefleksikan keteladanan para kyai untuk di ejawantahkan oleh kita semua dalam kehidupan kita dimasyarakat. Puluhan tahun lalu mereka (para kyai, red) telah dengan gigih memperjuangkan Islam dan Bangsa ini. Banyak yang telah dikorbankan untuk mewujudkan cita-cita itu, sehingga tidak pantas jika kita generasi saat ini tidak memberikan apresiasi yang pantas bagi contoh keteladanan yang telah mereka rintis untuk kita.

Mudah-mudahan sedikit keringat yang kita keluarkan akan menjadi amal ibadah bagi kita semuanya, dengan harapan semoga kita mendapat barokah baik dalam kehidupan didunia maupun diakhirat nanti, Harapnya.(Tahmid)