Salawat Penyelamat Umat Akhir Zaman

0
757
kredit foto : islami.co

Oleh : Muhammad Lutfi

nujateng.com Shalawat adalah jalan wasilah untuk umat akhir zaman. Sebenarnya wasilah itu apa sih? Kog banyak orang sekarang berwasilah. Wasilah itu adalah jalan atau perantara. Wasilah bagi seorang muslim atau sering disebut Nahdlatul Ulama’ adalah sebuah media bagi manusia untuk menemukan kebahagiaan yang kekal nantinya di akhirat.


Kebahagiaan manusia di dunia kan terbatas. Terbatas karena adanya waktu, karena adanya tubuh, dan berbagai macam keterbatasan dunia. Bahkan wasilah juga berbagai macam medianya. Melalui suatu tongkat, melalui pedang, dan melalui orang lain. Toh bahasa manusia dan inderawi manusia hanya dapat melihat yang dzohir saja, kalau bahasa hikmah dan gaib, untuk manusia yang terlanjur memuaskan keinginan dzohir saja, akan sulit menemukan kebahagiaan yang batin atau gaib.


Manusia harus mau belajar melalui riwayat orang soleh, melalui riwayat para nabi dan utusan Allah serta kekasih Allah SWT. Tandanya manusia yang mau berpikir adalah manusia yang mau belajar. Karena hidup adalah untuk mengolah pikiran dan nurani agar tahu jati diri, maksud hidup di dunia ini untuk apa.


Salawat kepada Rasulullah Muhammad SAW, adalah jalan perantara yang bisa dilakukan bagi setiap muslim dan begitu besar manfaatnya yang bisa di rasakan. Bahkan, dalam suatu firmannya, Allah SWT berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَ مَلَئكتَهُ يُصلُّونَ عَلى النَّبىّ‏ِ يَأَيهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صلُّوا عَلَيْهِ وَ سلِّمُوا تَسلِيماً
“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi; wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu kepadanya dan ucapkan salam kepadanya.” (Al-Ahzab/33: 56)

Kenapa mesti resah dan gelisah, ketika ada wasilah salawat sebagai salam dan mahabbah kita kepada Rasulullah Muhammad SAW. Nabi Muhammad adalah manusia yang menjadi rahmat bagi seluruh mahluk Allah SWT, serta menjadi tauladan yang baik dalam menjalani kehidupan di dunia ini.


Sehingga melalui salawat, maka mahabbah kita kepada nabi Muhammad, salam kita kepada Nabi Muhammad, akan menjadi jalan wasilah atau perantara untuk mendapatkan keselamatan dan syafaatnya di dunia dan akhirat.


Kita ini bukanlah siapa-siapa, kita mesti beriman kepada Rasulullah Muhammad SAW, serta selalu menyapa Rasulullah Muhammad SAW. Agar beliau berkenan mensyafaati segala permasalahan dan rintangan yang dihadapi manusia di dunia dan akhirat. Karena begitu agungnya salawat kepada Nabi Muhammad, maka beruntunglah umat Nabi Muhammad SAW, yang berwasilah kepada salawat.