LPPNU Jateng Gelar Workshop Pertanian

0
819
LPPNU Jawa Tengah mengadakan workshop pertanian di kantor PWNU Jl Dr Cipto 180 Semarang, Ahad (30/06) kemarin. (Dok. nujateng.com)

Semarang, nujateng.com-Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdatul Ulama (LPPNU) Jawa Tengah mengadakan workshop pertanian di kantor PWNU Jl Dr Cipto 180 Semarang, dihadiri oleh 22 orang warga NU pegiat pertanian.

Kegiatan ini merupakan pengejawantahan dari pesan pendiri Nahdlatul Ulama, Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari bahwa petani adalah penolong negeri.

Ketua PWNU Jateng, Mohamad Muzamil menyampaikan bahwa kita perlu memperhatikan generasi muda yang semakin minim minatnya di dunia pertanian dan para pemuda ini lebih cenderung terjun ke dunia industry.

“kita melihat bahwa minat generasi muda untuk menjadi petani sangat minim, umumnya lebih tertarik pada sektor industri, jasa dan perkantoran”, kata Kiai Muzamil, sapaan akrab Ketua PWNU Jawa Tengah periode 2018-2023 ini.

Tentu, lanjut Kiai Muzamil, minat generasi muda tersebut tidak salah karena perkembangan jaman, namun untuk ke depan, bangsa kita yang bercorak agraris akan mengalami pergeseran dari swasembada pangan menjadi importir pangan”..

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua LPPNU Jateng, H Suroso Abdurrozaq menambahkan perlunya langkah-langkah yang terencana untuk pengembangan pertanian sehingga generasi muda bisa lebih tertarik untuk mengembangkannya.

“Kajian pertanian yang bersifat teoritik memang diperlukan, namun pengembangan laboratorium dan penerapan hasil-hasil penelitian mendesak untuk dilakukan”, jelasnya. Menurutnya, kegiatan workshop pertanian ini diharapkan dapat ditindaklanjuti di lapangan di daerah pedesaan, sehingga pertanian warga dapat lebih produktif dan berkualitas lebih baik. (W-010)