Gus Yasin Serukan Agar Masyarakat Tunggu Pengumuman KPU

0
2001
NU Online
Src: NU Online

Pekalongan nujateng.com Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah, H Taj Yasin Maemoen mengajak kepada masyarakat Jawa Tengah untuk bersabar menunggu hitungan resmi hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pemilu presiden dan legislatif telah digelar berlangsung dengan lancar, oleh karena itu, kita patut memberikan apresiasi kepada penyelenggara Pemilu tahun 2019, baik KPU mulai dari KPPS, PPS, PPK dan Bawaslu serta TNI dan Polri yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Wagub Jateng dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Kesbangpol Jawa Tengah, Suwondo pada acara Halaqah Kebangsaan yang dihelat Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan, Senin (22/4).

“Pemilu sudah digelar dan berlangsung secara lancar, damai, jujur, dan menggembirakan, meski tidak dipungkiri masih ada kekurangan di beberapa daerah,” jelasnya.

Dikatakan, hasil pemilu yang telah dipublikasikan melalui berbagai media, quick count (hitung cepat) telah dilakukan, tetapi masyarakat harus disikapi secara arif dan bijaksana. “Real count KPU lah yang nantinya akan dijadikan patokan untuk menentukan kemenangan pilpres dan pileg tahun 2019 ini,” tandas Wagub.

Oleh karena itu, lanjutnya, uforia kemenangan maupun kekalahan harus disikapi secara tidak berlebihan, yang menang menghargai yang kalah dan yang kalah harus juga menerima kekalahan dengan lapang dada.

“Bangsa ini tidak boleh berserak dan tercabik hanya mempersoalkan perbedaan di pemilu kemarin, kita harus sama-sama menolak dan menangkal radikalisme dan intoleran,” ajaknya.

Kegiatan Halaqah Kebangsaan selain dihadiri KH Abdul Ghofur Maemoen dan utusan Wakil Gubernur Jawa Tengah H Taj Yasin Maemoen, juga Kepala Kantor Kemenag Kabupaten dan Kota Pekalongan, jajaran pengurus cabang NU, badan otonom, lembaga NU Kota Pekalongan, jajaran pengurus MWC dan Ranting NU se-Kota Pekalongan serta guru-guru Madrasah Diniyah.

Sebelum halaqah dimulai, Pimpinan Wilayah Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Tengah melantik PC ISNU Kota Pekalongan masa khidmat 2019-2024. (Src: NU Online/Ed:011)