Gus Sholah : Tradisi Intelektual NU

0
490
PCNU Brebes
PCNU Brebes

Brebes nujateng.com Di kalangan Nadlatul Ulama’, Bahtsul Masail merupakan tradisi intelektual yang sudah berlangsung lama. Sebagai dapurnya NU, kegiatan olah masak literasi mu’tabar ini merupakan gerbang urip dan urupnya Ulama NU.

Demikian ditandaskan oleh KH. Solahuddin Masruri saat sambutan atas nama Shohibul Bait dalam pembukaan kegiatan bahtsul masaail PWNU Jawa Tengah di PP. Al-Hikmah Benda Sirampog Brebes. Senin (8/14/2019) Siang.

“Bahtsul masail adalah Ruh bagi NU, kegiatan ini merupakan gerbang urip urupnya ulama-ulama NU” tandasnya.

Kyai yang akrab dipanggil santrinya dengan Abah Sholah ini, mengharap semoga kegiatan yang ditempatkan di PP. Al-Hikmah ini, bisa mendorong santri-santri Al-Hikmah semakin melek akan cahaya ilmu-ilmu pesantren, terlebih lagi beliau sangat prihatin dengan beberapa santri ketika memasuki dunia kampus banyak lupa akan shilah dan maushulnya, mereka lupa ilmu-ilmu pesantren yang mengajarkan tabi’ harus ikut pada mathbu’, ironisnya, tak sedikit yang akhirnya terlibat pada gerakan-gerakan yang merongrong eksistensi NU.

“ketika masuk dunia kampus, santri sering lupa dengan konsep tabi’ dengan mathbu’nya, shilah dan maushulnya. Bahkan tidak sedikit bergabung dengan gerakan yang berafiliasi dengan faham-faham penyerang NU sendiri seperti Wahabi.” Terangnya. (Src: NU Brebes/Ed: 011)