Ziarah Pendiri Brebes Jadi Agenda HUT ke-341

0
1200

Brebes nujateng.com Memperingati hari jadi ke-341 Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti didampingi Wakil Bupati Brebes Narjo beserta Forkopimda dan para Kepala SKPD berziarah ke makam para mantan Bupati. Mereka memanjatkan doa, tahlil dan tabur bunga, Selasa (15/1).

“Kami setiap tahun memanjatkan doa dan tahlil sebagai bentuk rasa syukur dan terima kasih kepada para pendahulu, para Bupati terdahulu,” ujar Idza di sela ziarah.

Idza menjelaskan, kegiatan tahlil dan tabur bunga di makam para bupati terdahulu menjadi agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahun pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Brebes.

“Sebagai penerus, kita sudah sepantasnya memberikan penghargaan dan penghormatan kepada mereka para pendahulu kita, salah satunya dengan acara tahlil dan tabur bunga,” jelasnya.

Selain mantan Bupati, kata Idza, yang diziarahi juga para sesepuh Brebes yang dimakamkan di Kabupaten Brebes dan Tegal. Tahlil dipimpin ulama setempat.

Mengawali ziarah, rombongan memanjatkan doa dan tahlil di ruang Mbah Joko Poleng yang ada di Pendopo Kabupaten. Selanjutnya rombongan berziarah secara maraton ke kompleks makam aulia Mbah Rubi di Desa Klampok, Kecamatan Wanasari, Brebes.

Di kompleks tersebut terdapat makam Bupati Brebes Raden Aria Singasari Panatayuda II yang memerintah Brebes pada tahun 1838-1856. Juga makam Raden Aria Singasari Panatayuda III yang menjadi Bupati Brebes tahun 1856-1876.

Dari Makam Mbah Rubi Rombongan kemudian melanjutkan acara ke Makam Desa Kertabesuki, Wanasari, di mana Bupati ke 27 Tadjudin Nooraly dimakamkan.

Dalam sejarah singkat tentang Bupati Tadjudin yang dibacakan camat Wanasari Nuruddin dijelaskan, Tadjudin merupakan Bupati pertama yang mewakili partikelir (swasta) karena sebelumnya sebagai wirausahawan dan Ketua PUSKUD Jateng.

Selain itu Tadjudin Nooraly juga terkenal sebagai Kepala Daerah yang suka  blusukan. Putra Sawojajar ini meninggal saat masih menjabat Bupati pada 19 November 2001 di rumah sakit Advent Bandung.

Perjalanan ziarah dilanjutkan ke makam R. Adipati Aryo Singasari Pranatayuda I yang ada di Dalem Sura, Desa Suro Kidul, Kecamatan Pagerbarang Tegal dan Makam KH Syatori yang ada di Desa Pesayangan, Talang, Kabupaten Tegal.

Keturunan dari Bupati KH Syatori, Khozanah menyambut baik ziarah yang dilakukan Bupati Brebes beserta rombongan. Dia tidak menyangka kalau tahun ini berziarah ke makam KH Syatori di Pesayangan Tegal.

“Sungguh akhlak mulia yang ditujukan Bupati Idza beserta rombongan dengan berziarah. Orang yang sudah meninggal saja diperhatikan apalagi kepada yang masih hidup,” ungkap Khozanah ketika menyambut rombongan di pemakaman keluarga di Desa Pesayangan. (Sumber : NU Online/Red: R-011)