KH. Yahya Cholil Staquf: Momentum NU Menginspirasi Islam di Dunia

0
4509
Katib Am PBNU, KH. Yahya Cholil Staquf

Temanggung nujateng.com Momentum NU untuk menginspirasi Islam di berbagai belahan dunia sedang berlangsung. Warga nahdliyyin harus bergerak dan menjemput bola kesempatan ini.

“NU sebagai organisasi akar rumput tentu langsung bersinggungan dengan permasalahan di akar rumput. Sehari-hari kaum nahdliyin dihadapkan pada problematika keseharian dan harus ada ijtihad,” tutur Katib Am PBNU KH. Yahya Cholil Staquf dalam sambutan pada Musykerwil PWNU Jawa Tengah di STAINU Temanggung, Sabtu (26/01/2019) pagi.

Keseharian dihadapkan masalah memberikan efek pada warga NU untuk realistis menghadapi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pertama, NU tidak utopia mengenai idieologi dan cita-cita. Kedua, bergaul secara langsung jadi realistis dengan masyarakat, sehingga nalar impian atau lamunan itu hanyut. NU di akar rumput bersosial agar umat manusia maslahat dan tidak mengalami kesusahan,” ungkapnya.

Mantan Juru Bicara Presiden KH. Abdurrahman Wahid, menegaskan bahwa modal bersentuhan dengan masyarakat akar rumput menjadi senjata untuk menghadapi permasalahan bangsa ini.

“Modal itu mempengaruhi pemimpin NU tidak gagap menghadapi arus globalisasi. Permasalahan, radikalisme, terorisme, dan transnasional NU punya jalan keluarnya,” katanya.

Pria asal Rembang itu mengajak agar pemangku amanah di NU harus menjaga jama’ah sekaligus jam’iyah. Pasalnya solusi konkrit sudah ditunggu oleh masyarakat.

Ngopeni (merawat) jama’ah agar harus menjangkau hingga akar rumput. Jangkauan pengurus harus ke daereah-daerah yang belum merasakah manfaat NU,” pungkasnya. (Red: R-011)