Cetak Pasukan Inti, Pagar Nusa Kudus Adakan Diklat

0
647
Pendidikan dan Latihan (Diklat ) Pasutan Inti (PASTI) di Gedung MWC NU Kecamatan Dawe Kudus, Sabtu-Ahad (24-25/11/2018). (Dok. Suara Nahdliyin)

Kudus, nujateng.com- Sebanyak 94 pesilat disiapkan oleh Pagar Nusa Kudus untuk menjadi Pasukan Inti (PASTI). Selama dua hari, peserta diklat mendapat gemblengan Pendidikan dan Latihan (Diklat ) PASTI di Gedung MWC NU Kecamatan Dawe Kudus, Sabtu-Ahad (24-25/11/2018).

Ketua IPSNU Pagar Nusa Kudus, H. Husnul Khitam mengatakan pasukan inti ini merupakan komponen internal Pagar Nusa yang memiliki peran dan tugas menjaga, mengawal dan melaksanakan perintah (dawuh) dari kiai.

“Melalui diklat ini, Pagar Nusa mencetak kader untuk menjadi pasukan inti yang mempunyai pengetahuan intelegensi dan skill khusus,”jelasnya.

Ia menjelaskan Diklat yang diadakan ini bagian dari kaderisasi anggota untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan kemampuan ke-pagarnusa-an.

“Disamping membentuk pasukan inti, juga mempersiapkan berdirinya kepengurusan Pagar Nusa di tingkat Kecamatan,” imbuh Gus Husnul.

Sementara itu, Sekretaris PCNU Kudus H. Agus Hari Ageng menenekankan peran dan tanggung jawab Pagar Nusa tidak hanya untuk bela diri semata namun untuk NU dan Indonesia. Ia juga menegaskan Pagar Nusa hendaknya dijadikan sebagai media silaturahim, belajar berorganisasi dan sarana dakwah Aswaja An-Nahdliyah.

“Selalu bersyukur atas prestasi yang diraih, bukan euforia. Itulah yang membedakan Pencak silat Pagar Nusa dengan lainnya,” jelas Ageng saat membuka diklat PASTI ini.

Diklat yang dipandu Instruktur Pagar Nusa Kudus ini, peserta mendapat bekal wawasan ke-Aswajaan, Ke-NU-an, Kebangsaan, ke-PagarNusa-an, bela diri dan tehnik Intelegensi. Turut menjadi pemateri PW IPS Pagar Nusa Jawa Tengah, Kodim Kudus dan dewan pendekar Pagar Nusa Kudus. (Gie,adb/Ros/Wahib)