“Besongo Writer and Design” Ajak Santri Jadi Informan Bijak

0
502
Foto bersama peserta pelatihan "Besongo Writer and Design" di di Madin Roudlotul Jannah, Sabtu (03/11).

 

Semarang-nujateng.com, Pondok Pesantren Darul Falah Besongo gelar kegiatan “Besongo Writer and Design”. Acara yang membekali santri agar bijak berteknologi dan mampu menyampaikan informasi dengan benar.

Pemateri wartawan Tribun Jateng, Achiar M. Permana menyampaikan teknik menulis berita, penjelasan teknik membuat berita yang baik di era digital.

“Sekarang berita menarik jauh lebih diminati daripada berita penting. Berbeda dengan zaman dahulu yang lebih mengutamakan berita penting daripada  berita menarik. Jurnalis harus mengemas berita penting se menarik mungkin,” ungkapnya saat menjelaskan materi di Madin Roudlotul Jannah, Sabtu (03/11).

Ia menjelaskan berita bukan hanya tanggung jawab para jurnalis yang meliput, mengolah, dan menyampaikan berita. Akan tetapi, warga juga memiliki tanggung jawab yang sama terkait dengan adanya berita.

“Zaman semakin modern, dimana semua orang bisa membuat berita dan menjadi informan. Namun tak semua paham bagaimana cara menyampaikan berita dengan baik agar tidak menimbulkan kerancuan dan kesalahpahaman,” tuturnya.

Rahma salah satu Besongo mengapresiasi acara “Besongo Writer and Design menambah wawasan bagi dirinya tentang ilmu jurnalistik.

“Sangat membantu dan menambah wawasan bagi kami sebagai pemula. Materi yang di sampaikan oleh narasumber juga menarik dan menambah niat kami untuk menjadi jurnalis” ujar santri asrama B5.

Kegiatan yang dihelat redaksi Buletin Al-Qolam  diikuti oleh puluhan santri. Peserta sangat antusias mengikuti acara itu, terlihat selesai menyampaikan materi, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi antar peserta (Rep. Gayuh, Red: Rais/011)