Pengurus FKDT Kendal Optimalkan Peran Madin dan Pesantren

0
1326
Pengurus Forum Komunikasi Diniyah Takmilyah (FKDT) Kabupaten Kendal masa khidmat 2018-2023 dilantik di gedung DPRD Kendal, Minggu (16/9). Foto: Sulhanudin

Kendal, nujateng.com – Pengurus Forum Komunikasi Diniyah Takmilyah (FKDT) Kabupaten Kendal masa khidmat 2018-2023 diharapkan dapat meningkatkan peran madrasah diniyah dan pesantren. Itu sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional dalam menguatkan pendidikan karakter di kabupaten yang berjuluk Permata Pantura ini.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Umum FKDT Pusat, Fatkhurozy saat seminar nasional “Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Diniyah Takmiliyah Pasca Terbitnya Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017” yang diadakan bersama dengan pelantikan pengurus FKDT Kendal di gedung DPRD Kendal, Minggu (16/9).

Dia mengatakan sebagai mitra pemerintah dalam hal ini Kementrian Agama, dalam menjalankan program kerjanya. Perlu membangun komunikasi dengan para pemangku kepentingan terkait.

“Pengurus yang dilantik ini mempunyai kewajiban moril untuk memperjuangkan program-program FKDT. Penguatan di internal sangat penting dengan membangun teamwork yang solid. Untuk terus memantau dan mengevaluasi kinerja pengurus. Begitu juga hubungan dengan instansi terkait perlu dikomunikasikan dengan baik,” terangnya.

Bajuri, selaku perwakilan dari Kementerian Agama Kabupaten Kendal, mengatakan pihaknya siap mendukung program-program FKDT yang dalam hal ini berada di bawah unit Pendidikan Dinyah dan Pesantren (Pontren).

Pelantikan pengurus FKDT Kabupaten Kendal periode 2018-2023 dengan ketua Drs H A Faozan. Kemudian dilanjutkan seminar yang dihadiri 320 peserta terdiri dari para kiai, pengajar madin, dan masyarakat umum. Turut hadir juga perwakilan dari Pemkab Kendal dan stakeholder terkait lainnya.

Menurut Fauzah selaku panitia pelaksana, kegiatan ini terlaksana berkat kecintaan terhadap NKRI yang membutuhkan penguatan karakter anak bangsa melalui penguatan diniyah takmiliyah dari tingkat pusat sampai tingkat daerah.

“Kami juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas dukungan Pemerintah Kabupaten Kendal terhadap para santri-santri berprestasi. Semoga perhatian dari pemerintah terus meningkat,” pungkas Fauzah. (Sulhanudin/009)