Gunakan Pendekatan Baru Islam Rahmatan Lil ‘Alamin Pada Generasi Milineal

0
344
K.H Hanif Ismail / doc. dutaislam.com

Menyampaikan Islam rahmatan lil ‘alamin kepada generasi milineal harus menggunakan pendekatan baru. Mereka memiliki kebiasaan-kebiasaan yang sesuai dengan zamannya.

“Generasi milineal dalam kehidupannya tidak bisa lepas dari gawai. Islam harus menjawab tantangannya melalui dakwah yang digerakkan oleh generasi muda,” tutur Ketua Takmir Masjid Agung Semarang, K.H Muhammad Hanif Ismail dalam sambutannya  di acara “Ngaji Bareng Gus Mus” di halaman Masjid Agung Semarang, Sabtu (21/07) malam.

Gaya hidup milineal yang dihadapkan pada modernitas menjadi pekerjaan besar bagi pendakwah yang mengajak generasi muda paham Islam rahmatan lil ‘ alamin

“Spirit Islam Ramatan lil alamin itu tidak menganggap yang kuno untuk ditolak seluruhnya.  Bahkan bisa di ambil yang masih relevan hari ini. Begitu pun nilai-nilai kekinian yang banyak nilai positifnya,” tutur  Rois Syuriah PCNU Kota Semarang .

Pria yang akrab dipanggil, Yi Hanif, memberikan contoh bahwa Gamelan yang dimainkan di masa lampau secara konvensional nyatanya sekarang bisa berubah bentuk menjadi elektronik.

“Alat musik itu digunakan di acara ritual hingga acara keagamaan, seperti Sekaten di Yogyakarta,” ungkapnya.

Acara yang dihadiri Gus Mus digagas oleh Ikatan Remaja Islam Masjid Agung Semarang (Kharisma) dipandu oleh Budayawan, Prie GS serta dihadiri oleh Ketua MUI Jawa Tengah, K.H Ahmad Daroji dan Pengasuh Pondok Pesantren Al- Islah-Mangkang Kulon,  K.H Ahmad Hadlor Ihsan. (009)