Kemah Pramuka Santri, Upaya Memupuk Cinta Tanah Air

0
575
Tegal, nujateng.com – Pemerintah Kabupaten Tegal bersama Kementrian Agama menggelar Perkemahan Pramuka Santri Nusantara 2018 yang berlangsung di Pondok Pesantren Darussalam Desa Kalibakung Kecamatan Balapulang pada 16-18 April 2018.
Acara kemah diikuti oleh 165 santri yang terdiri dari 15 sangga ini berasal dari sembilan pondok pesantren di Kabupaten Tegal.
Kegiatan yang mengambil tema “Pramuka Santri Menebar Kedamaian untuk Indonesia yang Kuat dan Berkarakter serta Menjaga Keutuhan NKRI” ini dibuka secara langsung oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Tegal di halaman parkir Tempat Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung, Senin (16/4).
Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Tegal Fakihurrokhim yang juga sebagai ketua panitia  menyampaikan bahwa tujuan kegiatan yakni untuk memberdayakan para santriwan dan santriwati dalam menyiapkan generasi yang berkualitas serta mempererat tali silaturohim antar pondok pesantren se Kabupaten Tegal.
“Selain itu, Kemah Santri juga untuk membuka pemahaman kepada para santri agar menjauhi paham radikalisme demi menjaga keutuhan NKRI,” katanya
Sementara itu, Pjs. Bupati Tegal, Sinoeng N. Rachmadi saat membuka acara menghimbau kepada segenap santri agar selalu mengingat proses perjuangan dalam merebut kemerdekaan yang juga dilakukan oleh para santri di zaman perjuangan.
Dirinya juga  mengajak para santri agar selalu memupuk rasa cinta tanah air, karena menurutnya cinta tanah air itu merupakan bagian dari iman.  “Hubbul wathan minal iman,” ujarnya dihadapan para santri.
Agenda kegiatan kemah santri yang dilaksanakan selama tiga hari akan diisi dengan berbagai macam jenis perlombaan antara lain karnaval santri, kuliner nusantara, perancangan teknologi tepat guna (TTG), k3 pertendaan.
Selain itu juga ada pentas seni dan video vlog cerita pendek. Untuk penilaian perlombaan tersebut, panitia juga telah memanggil dewan juri dari kalangan profesional untuk penilaian perancangan TTG. [Hasan/009]