Hadiri Haflah Akhirrussanah Pondok al-Fadllu, Menristek Dikti Kutip Bait-bait Alfiyah Ibnu Malik

0
581
Mensristek Dikti bersama Abah Dimyati Rois, Gus Hilmi dan Gus Alam di Pondok Pesantren al-Fadllu wal Fadlilah

Kendal, nujateng.com – Menristek Dikti M Naser mengutip bait-bait kitab Alfiyah Ibnu Malik saat ceramah di malam Haflah Akhirrusanah Pondok Pesantren al-Fadllu wal Fadlilah Kaliwungu kendal (30/04/2018). Ia mengutip beberapa bait guna memotivasi para santri dalam menuntut ilmu.

M. Naser juga bercerita, dulu saat di pesantren juga mengafal bait-bait kitab yang memuat gramatika bahasa Arab karya ulama Andalusia (kini Spanyol) ini.

Di tengah-tengah ceramahnya, ia juga mengajak santri untuk mempelajari berbagai ilmu dan juga mendorong santri masuk ke perguruan tinggi di bawah Menristek Dikti

“Kata Imam al-Ghazali, ilmu itu ada dua. Ilmu adyan (agama) dan ilmu abdan (badan atau dunia), Anda harus mempelajari semuanya” kata Menteri yang juga santri ini.

Sebelum acara Haflah Akhirrusannah, didahului acara Walimatul Arus dan Temu Alumni/ Wali Santri yang juga dihadiri oleh Menaker M. Hanif Dhakiri dan Ketua Umum PP Fatayat NU periode 2010-2015. Dalam sambutannya, Hanif mendorong santri untuk berinovasi dan mengembangkan potensi desa di mana santri berasal. [Zaim Ahya/009]