Songsong UN, Pelajar NU Kademangaran Adakan Try Out SD/MI

0
475
suasana try out SD/MI di dalam kelas. Foto: Hasan
Tegal, nujateng.com – Sebagai organisasi yang concern dalam dunia kepelajaran dan pendidikan, IPNU IPPNU Kademangaran Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal, Sabtu (15/4) menyelenggarakan Try Out Ujian Nasional 2018 bagi siswa SD/MI.
Kegiatan yang bekerjasama dengan SMP NU 01 Dukuhturi diadakan pada Sabtu (14/4) di SMP NU 01 Dukuhturi dan diikuti oleh 186 peserta, terdiri dari SD/MI se Kecamatan Dukuhturi.
Ketua Pimpinan Ranting IPPNU Kademangaran Ida Farkhati menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk membantu pelajar dalam mengasah kemampuan dan potensi diri dalam menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun 2018, dan memberikan rumusan pada pelajar tentang cara cepat dan tepat dalam mengerjakan UN.
“Tujuan diadakan try out yakni untuk melatih para siswa SD/MI sebelum menjalani UN. Harapannya mereka bisa mendapat Nilai UN yg memuaskan sesuai harapan semuanya,” ujarnya
Dijelaskan, kegiatan ini try out mengusung tema “Menyongsong Sukses Bersama IPNU IPPNU Kademangaran”. “Tema ini kami usung karena yang kita harapkan, semoga mereka bisa menyongsong Sukses sesuai harapan PR.IPNU IPPNU Kademangaran,” terangnya
Menurut Ida, materi try out diambil dari tiga mata pelajaran yang diujikan untuk UN SD/MI yaitu IPA, Bahasa Indonesia dan Matematika dengan jumlah soal sebanyak 50 butir.
“Alhamdulillah meski peserta tidak maksimal, karena persiapan berlangsung mendadak. Namun kegiatan bisa berlangsung sukses,” ungkapnya
Kepala SMP NU 01 Dukuhturi Khasan Fauzi mengapresiasi langkah yang dilakukan IPNU IPPNU Desa Kademangaran. Kegiatan tersebut sangat positif guna membantu para pelajar di Kecamatan Dukuhturi.
“Ini hal yang positif. Saya berharap kegiatan bisa rutin dilaksanakan setiap tahun dengan persiapan yang matang, agar semangat remaja khususnya organisasi IPNU IPPNU Kademangaran tetap eksis,” ujarnya.
Dalam kesempatan itu, selain mendapatkan fasilitas latihan soal, peserta try out juga mendapat soft drink dan piagam penghargaan.
“Kepada peserta dengan nilai terbaik yakni juara 1, 2 dan 3 mendapat uang pembinaan dan beasiswa selama 1 semester jika sekolah di SMP NU 01 Dukuhturi,” imbuh Fauzi.
Sementara itu, peserta terbaik 1 dengan Nilai 90 diraih Ergi Satria Putra Santoso dari SDN Karanganyar 02, Terbaik 2 nilai 88 diraih Nilna Sahila dari SDN Karanganyar 02 dan terbaik 3 dengan nilai 84 diraih Fatimah Az Zahra dari SDN Kaligayam 02. [Hasan/009]