Ma’had Aly Maslakul Huda Gelar MQK Fathul Muin

0
273

Pati, nujateng.com – Ma’had Aly Maslakul Huda Kajen menggelar Musabaqah Qiraatil Kitab (MQK) se Jateng pada Sabtu (7/4) lalu di Aula Kampus setempat.

Kegiatan tersebut adalah ajang perlombaan membaca, menerjemahkan sekaligus menjelaskan kandungan kitab fiqih klasik Fathul Mu’in. Puluhan pesantren di Jawa Tengah mengirimkan santrinya untuk mengikuti ajang tersebut.

Ahmad Zayadi, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama mengungkapkan bahwa penyelenggaraan MQK penting guna menggiatkan kultur akademik keilmuan Islam yang belakangan memperlihatkan adanya tren penurunan di tengah derasnya arus informasi.

“MQK Fathul Muin yang diselenggarakan Ma’had Aly Maslakul Huda relevan untuk menciptakan ghirah keilmuan dalam memperdalam kajian kitab salaf secara serius,” paparnya saat memberikan pengarahan sekaligus membuka MQK.

Ia memaparkan, saat ini tengah terjadi penurunan tradisi akademik tafaqquh fiddin ditandai makin menurunnya minat masyarakat luas untuk mengkaji kitab kuning. “Penurunan berdampak secara langsung, karena semakin lama semakin berkurangnya ulama-ulama yang ahli dalam berbagai macam keilmuan islam terutama fiqih,” lanjutnya.

Dia menambahkan, Ma’had Aly tercantum dalam undang-undang sebagai pendidikan tinggi. Karena itu, Ma’had Aly memiliki legalitas yang kuat sebagai bagian yang tidak terpisahkan dengan sistem pendidikan nasional, setara dengan STAIN, IAIN, UIN, dan lembaga pendidikan tinggi lainnya.

Sementara itu, Pengasuh Ma’had Aly Maslakul Huda, Abdul Goffar Rozin menyatakan bahwa dalam gelaran tersebut total ada 46 peserta yang merupakan delegasi dari Ponpes se Jawa Tengah. “Para finalis akan mendapat hadiah trofi dan uang pembinaan. Khusus untuk peringkat teratas akan mendapatkan beasiswa di Ma’had Aly Maslakul Huda hingga lulus,” tambahnya.

MQK Fathul Muin yang digelar hingga malam tersebut mengantarkan Pesantren di wilayah Kabupaten Jepara mendominasi daftar perolehan nilai teratas. Peringkat pertama berhasil direbut Lailatul Fadhilah dari Pesantren Darul Falah Amtsilati Bangsri Jepara, di peringkat kedua direbut oleh Khoirul Ulum dari Ponpes Darutttauhid Al Alawiyah Jepara dan Muhammad Hizbullah yang juga berasal dari Darul Falah Amtsilati berada posisi ketiga. [Awang/009]