Sambut Khatmil Qur’an, Santri PPRQ Kirab Kauman Kampung Qur’an

0
311
Santri Pondok Pesantren Roudhotul Qur'an (PPRQ) Kauman Semarang mengadakan Kirab Kauman Kampung Qur'an (KKQ). Foto: Rifqi

Semarang, nujateng.com – Dalam rangka menyambut Khatmil Qur’an, Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an (PPRQ) Kauman Semarang mengadakan Kirab Kauman Kampung Qur’an (KKQ), Minggu (07/01).

Kirab KKQ dimulai dari depan kantor Gubernur Jateng jalan Pahlawan melewati area lapangan Pancasila Simpang Lima jalan Gajah Mada dan finish di Masjid Agung Kauman Semarang tersebut diikuti oleh seluruh santri, alumni, beberapa sekolah yang berada di sekitar Kauman.

Pimpinan PPRQ, KH Chamad Ma’shum Turmudzi, AH menerangkan bahwa kirab tersebut dimaksudkan untuk memacu masyarakat agar gemar belajar Al Qur’an.

“Kirab ini diadakan untuk memperkenalkan Al-Qur’an di Masyarakat dan mendorong masyarakat agar belajar Al-Qur’an tanpa memandang usia. Baik dari segi bacaan, tulisan dan isi yang terkandungan di dalamnya,” Kata Gus Chamad sapaan akrabnya saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Lebih lanjut ia mengatakan KKQ ini cukup sederhana, hanya dengan tidak meyalakan televisi pada saat menjelang adzan maghrib hingga isya’.

“Sebagai gantinya, bacaan Al-Qur’an akan dikumandangkan di toko toko yang ada di sepanjang jalan kauman. Dengan adanya KKQ ini harapan ke depannya, semoga Kauman menjadi pusat tempat belajar Al-Qur’an di indonesia atau bahkan dunia,” tambahnya.

Kirab KKQ ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan khotmil Qur’an Ponpes Roudhotul Qur’an. Menurut rencana akan diputarkan film-film perjuangan (8/1). Khususnya film tokoh islam dan kiprah pesantren dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, pentas seni kreasi santri putri (9/1).

Dilanjutkan santri putra (10/1), Orkes Qasidah El Aminiyah pimpinan Ustad Khoirul Amin AH (11/1), pembacaan Al-Qur’an bil ghoib (hafalan 30 juz’) oleh para alumni, Bazaar produksi industri kecil dan menengah masyarakat dan santri, dan puncak acara Khotmil Quran akan diadakan khitan massal, dan peringatan haul KH Turmudzi Taslim AH. [Rifqi/009]